Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Mengenal Dokter yang Dampingi 12 Anak Thailand di Dalam Gua

Rabu 11 Juli 2018 14:28 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Bilal Ramadhan

Dokter Richard Harris

Dokter Richard Harris

Foto: New York Post
Harris adalah seorang dokter ahli anestesi asal Adelaide, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Richard Harris tak berpikir dua kali ketika Pemerintah Thailand meminta bantuannya untuk berpartisipasi dalam misi penyelamatan 12 anak anggota sepak bola Wild Boars yang terjebak di gua Tham Luang. Jasanya dibutuhkan untuk memeriksa kesehatan anak-anak yang telah terperangkap selama lebih dari dua pekan.

Ya, Harris adalah seorang dokter ahli anestesi asal Adelaide, Australia. Saat diminta bergabung dalam misi penyelamatan, Harris sebenarnya sedang berlibur di Thailand. Namun, ia tak keberatan meninggalkan liburannya demi menyelamatkan anak-anak di gua Tham Luang.

Harris akhirnya masuk ke dalam gua bersama tim penyelamat. Ia ditinggal di tempat ke-12 anak itu berada selama tiga hari. Ia melakukan pemeriksaan kesehatan selagi tim mematangkan rencana atau skema penyelamatan.

Pada Ahad (8/7), misi penyelamatan dilakukan. Hari itu, tim berhasil mengeluarkan empat anak. Keesokan harinya, Senin (9/7), tim kembali berhasil membawa keluar empat anak lainnya.

Kemudian pada Selasa (10/7), tim berhasil mengeluarkan empat anak tersisa dan pelatih mereka. Sebanyak 13 orang yang terjebak di gua Tham Luang sejak 23 Juni akhirnya terevakuasi.

Harris sendiri dilaporkan merupakan salah satu dari anggota tim penyelamat yang paling terakhir keluar dari gua. Rasa bahagia tentu menyelimuti hatinya karena misi penyelamatan berakhir sukses.

Gubernur Chiang Rai Narongsak Osotanakorn, yang memimpin langsung misi penyelamatan anak-anak di gua Tham Luang, mengapresiasi peranan Harris. "(Orang-orang Australia) telah sangat membantu, terutama dokter. Sangat bagus. Yang terbaik," katanya mengacu pada Harris, dikutip laman BBC.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop juga tak lupa mengapresiasi peranan Harris dalam misi penyelamatan. "Dia (Harris) adalah bagian integral dari upaya penyelamatan. (Dia) adalah warga Australia yang luar biasa dan telah membuat perbedaan besar dalam upaya penyelamatan di Thailand," ujarnya.

Selain Harris, Bishop pun memuji Craig Challen. Ia merupakan dokter hewan asal Perth yang menemani Harris ke dalam gua Tham Luang. Setidaknya terdapat 20 warga Australia yang bergabung dalam misi penyelamatan di Thailand, termasuk penyelam polisi dan angkatan laut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES