Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Siapa Saja Penyelamat Tim Sepak Bola Wild Boars?

Rabu 11 July 2018 04:23 WIB

Red: Friska Yolanda

Penyelam dari angkatan laut Thailand yang menjadi tim penyelamat anak-anak yang terjebak di gua.

Penyelam dari angkatan laut Thailand yang menjadi tim penyelamat anak-anak yang terjebak di gua.

Foto: Royal Thai Navy via AP
Penyelam profesional dari berbagai negara bersatu menyelamatkan para bocah.

REPUBLIKA.CO.ID, CHIANG RAI -- Sebanyak 13 orang yang terperangkap di gua di Thailand berhasil diselamatkan, Selasa (10/7). Sejumlah profesional berkumpul dan bersatu menyelamatkan tim sepak bola junior Thailand yang terjebak selama lebih dari dua pekan di dalam gua tersebut.

Lalu, siapa kah para penyelamat tersebut?

Dilansir BBC, Rabu (11/7), tim penyelamat adalah campuran dari penyelam internasional yang bekerja sama dengan angkatan laut Thailand. Ke-12 bocah laki-laki dan pelatihnya pertama kali ditemukan oleh penyelam Inggris. Namun, upaya mengeluarkan mereka adalah operasi global.

Sejumlah penyelam angkatan laut Thailand ambil bagian dalam operasi penyelamatan tersebut. Seorang mantan angkatan laut Thailan, Saman Gunan, meninggal dunia dalam operasi tersebut pada Jumat (6/7).

Selain itu, ada dua penyelam profesional Inggris, John Volanthen dan Richard Stanton. Panggilan Volanthen adalah suara pertama yang anak-anak lelaki tersebut dengar setelah sembilan hari terjebak di dalam gua. 

Kedua penyelam tersebut dipanggil oleh otoritas Thailand bersama ahli gua Inggris, Robert Harper. Mereka sampai di Thailand tiga hari setelah hilangnya tim sepak bola junior tersebut.

Baca juga, 13 Orang yang Terperangkap di Thailand Berhasil Diselamatkan

Volanthen merupakan seorang konsultan IT sementara Stanton adalah mantan petugas pemadam kebakaran. Mereka berpartisipasi dalam sejumlah operasi penyelamatan dalam gua, termasuk di Norwegia, Prancis dan Meksiko.

Nama lain yang muncul adalah Richard Harris. Dokter asal Adelaide Australia ini memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam hal caving. Ia adalah orang yang memeriksa kondisi anak-anak di dalam gua dan memberikan lampu hijau sehingga operasi penyelamatan bisa dilanjutkan.

Berdasarkan laporan media, Harris telah mengambil bagian dalam sejumlah eksplorasi menyelam gua di Australia, Cina, dan Selandia Baru. Pada 2011, ia membantu pemulihan rekannya yang kehabisan udara selama ekspedisi yang sangat sulit di Australia Selatan.

Sejumlah pasukan khusus Thailand ikut dalam misi ini. Yang paling terkenal adalah dokter yang diduga Park Loharachun dan tiga penyelam yang tidak disebut namanya. Mereka secara suka rela tinggal di sisi anak-anak selama misi penyelamatan. Mereka pula diketahui yang keluar paling akhir saat misi penyelamatan selesai.

Saman Gunan merupakan penyelam angkatan laut Thailand yang menjadi sukarelawan dalam upaya penyelamatan. Namun, dalam perjalanan keluar gua, ia kehilangan kesadaran. Partner menyelamnya berusaha memberikan bantuan pernapasan, tapi gagal.

Selain nama-nama di atas, ada pula Claus Rasmussen (Denmark), Mikko Paasi (Finlandia), Ivan Karadzic, dan Erik Brown (Kanada) yang secara suka rela menjadi tim penyelamat. Mereka merupakan penyelam profesional dengan jam terbang yang tinggi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES