Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Mahathir Mohamad Berulang Tahun Ke-93 Hari Ini

Selasa 10 July 2018 08:27 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

Foto: The Star
Mahathir membagi rahasianya tetap sehat meski sudah menginjak usia 93 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Tun Dr Mahathir Mohamad berusia 93 tahun hari ini (10/7) dan staminanya dalam tugasnya sebagai Perdana Menteri terus mempesona orang Malaysia dan orang asing. Dr Mahathir telah 'memukul tanah' sejak ia dilantik sebagai perdana menteri ketujuh Malaysia pada bulan Mei lalu, lapor Bernama.

Dia memikul tanggung jawab yang berat untuk menolong negara itu dengan penuh semangat, terlepas dari usianya. Banyak yang ingin tahu apa yang membuatnya tetap bertahan, begitu banyak sehingga foto dirinya makan dengan produk multivitamin tertentu di atas meja, menarik banyak perhatian.

Ada laporan bahwa merek tertentu segera kehabisan stok di apotek. Dr Mahathir pernah bersedia untuk membagikan apa yang membuatnya tetap sehat, menekankan pentingnya menjaga gaya hidup aktif bahkan setelah usia pensiun.

“Saya lebih memilih untuk beristirahat, tentu saja, tetapi saya ingin menyarankan orang-orang untuk tidak beristirahat ketika mereka menjadi tua,” katanya kepada Bernama ketika ditanya selama perjalanan terakhir ke Tokyo tentang bagaimana dia tetap sehat, saat dilansir The Star, Selasa (10/7).

Dr Mahathir, yang memiliki perbedaan sebagai perdana menteri tertua di dunia, menjelaskan bahwa otot akan memburuk jika mereka tidak digunakan. “Jika Anda berbaring sepanjang waktu, otot-otot (akhirnya) bahkan tidak dapat membawa berat badan Anda, Anda tidak dapat berdiri, Anda tidak dapat berjalan," ujarnya.

"Jadi tidak baik ketika kamu tua (itu) kamu hanya berbaring dan tidak melakukan apa-apa," katanya, menunjukkan bahwa itu sama dengan otak seseorang.

"Jika Anda tidak menggunakan otak Anda, Anda tidak berpikir, Anda tidak memecahkan masalah, Anda tidak membaca, Anda tidak menulis, otak mundur dan Anda menjadi pikun. Jadi selalu aktif," kata Dr Mahathir, yang lahir pada 10 Juli 1925 ini.

Dalam wawancara dengan surat kabar berbahasa Inggris setempat, Dr Mahathir menggarisbawahi pentingnya tidak makan berlebihan, saran yang didapatnya dari mendiang ibunya.

"Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa ketika makanan itu enak, berhenti," katanya.

Ia mengakui bahwa itu akan sulit pada awalnya, tetapi itu lebih mudah setelah beberapa waktu. Pada catatan lain, Malaysiakini melaporkan bahwa Dr Mahathir diperkirakan akan membatalkan pesta ulang tahun yang direncanakan untuknya besok, yang telah diselenggarakan oleh beberapa asosiasi Cina.

Peristiwa itu kontroversial karena salah satu perencananya adalah pengusaha Tee Yam @ Koo Tee Kam, yang diduga terkait dengan dunia bawah tanah Cina (yang disangkalnya). Panitia rupanya mengundang 2.000 perwakilan serikat Cina dan telah merencanakan untuk menyumbangkan 100 ribu ringgit ke Tabung Harapan Malaysia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA