Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Iringan Mobil Trump dalam Kunjungan Kurang dari 300 Meter

Rabu 05 Des 2018 10:22 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini

The Beast, mobil kepresidenan Donald Trump.

The Beast, mobil kepresidenan Donald Trump.

Foto: Leftlanenews
Trump menggunakan iringan 7 mobil dan limousin saat melayat mendiang Bush.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Selasa (4/12) malam, menyambut George W. Bush di Blair House, di Pennsylvania Avenue. Jarak Blair House dari Gedung Putih sebenarnya hanya sekitar 228 meter, namun Trump dan istrinya Melania memilih untuk menggunakan limuosin, yang dilengkapi dengan iring-iringan tujuh kendaraan lain.

Keluarga Trump menghabiskan waktu 23 menit saat bertemu Bush dan istrinya, Laura, untuk menyampaikan langsung bela sungkawa atas meninggalnya mantan presiden AS George H W Bush. Pertemuan itu dilengkapi juga dengan saling bertukar cium di pipi untuk menunjukkan keramahan.

Kunjungan itu merupakan yang terbaru dari serangkaian sikap murah hati yang dibuat Trump pekan ini untuk menghormati mendiang George H W Bush. Pemakaman kenegaraan presiden AS ke-41 itu akan berlangsung di Washington National Cathedral, pada Rabu (5/12).

"Presiden, termasuk (sikapnya) yang terakhir, telah membuka jalan," kata Edward Price, yang menjabat sebagai juru bicara Dewan Keamanan Nasional di pemerintahan mantan presiden AS Barack Obama, dikutip The Washington Post.

Price mengingat kembali bagaimana Presiden Obama mengantar Presiden Cina Xi Jinping dari Gedung Putih ke Blair House setelah makan malam pribadi dalam kunjungan negara Xi pada September 2015. Dia juga ingat kesempatan lain, setahun sebelumnya, ketika Obama dan Kepala Staf Gedung Putih Denis McDonough meninggalkan Gedung Putih sebentar hanya untuk pergi ke Starbucks terdekat.

Iring-iringanan Trump pada Selasa (4/12), melakukan perjalanan melalui West Executive Drive, antara Gedung Putih dan Eisenhower Executive Office Building. Gerbang keamanan besi sepanjang Pennsylvania Avenue terbuka dan limousin kepresidenan berbelok ke kiri, berhenti beberapa meter kemudian di depan Blair House, sebuah gedung berbata putih megah dengan daun jendela hitam.

Pennsylvania Avenue dan Lafayette Square telah dibersihkan dari pejalan kaki, yang biasanya berkumpul di depan Gedung Putih untuk berfoto atau melakukan aksi protes. Pembersihan area biasa dilakukan ketika para pemimpin asing atau pejabat lainnya sedang tinggal di Blair House.

Iring-iringan mobil kepresidenan biasanya mencakup lebih dari selusin kendaraan, termasuk tim Dinas Rahasia, tenaga medis, pembantu Gedung Putih, dan pers. Dalam kasus ini, reporter yang mengikuti Trump telah diposisikan sebelumnya di seberang jalan dari Blair House dan tidak dalam iring-iringan mobil.

Pembantu Gedung Putih menolak berkomentar ketika ditanya mengapa Trump memilih untuk mengunjungi Blair House dengan iring-iringan mobil. Trump sebenarnya bisa menggunakan satu mobil saja, atau bahkan berjalan kaki.

Obama juga sering menggunakan iring-iringan mobil untuk perjalanan singkatnya, termasuk ketika ada aksi penggalangan dana di hotel terdekat seperti Jefferson, yang jaraknya hanya beberapa blok dari Gedung Putih. Perjalanan tersebut memerlukan penutupan jalan di pusat kota Washington yang sibuk.

Menurut laporan media, Bush tidak mengantar Trump kembali ke luar setelah pertemuan pribadi mereka di dalam Blair House. Trump terlihat mengantar istrinya ke sisi kanan limousin dan melambaikan tangan ke pers, tetapi dia tidak menanggapi pertanyaan mereka saat dia masuk kembali ke kendaraan untuk perjalanan pulang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Des 2018, 23:21 WIB