Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Trump: Proses Denuklirisasi Total Korut Sudah Dimulai

Jumat 22 Jun 2018 14:07 WIB

Rep: Crystal Liestya Purnama/ Red: Bilal Ramadhan

Citra satelit yang menunjukkan lokasi reaktor nuklir Korea Utara (Korut) Yongbyon.

Citra satelit yang menunjukkan lokasi reaktor nuklir Korea Utara (Korut) Yongbyon.

Foto: reuters
Korut disebut telah menghancurkan empat situs besar uji coba nuklirnya

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan proses denuklirisasi total Korea Utara (Korut) telah dimulai. Korut telah menghancurkan empat situs besar uji coba nuklirnya.

Trump membuat pernyataan pada hari Kamis (21/6) pada pertemuan Kabinet di Gedung Putih. Itu dilakukan setelah pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korut Kim Jong-un di Singapura pekan lalu.

Trump mengatakan bahwa "pernyataan nomor satu" dalam dokumen yang dia dan Kim tandatangani di Singapura adalah bahwa Korut akan segera memulai denuklirisasi total. Dilaporkan KBS World Radio, Presiden Trump juga mengatakan bahwa Korut menghancurkan situs mesin mereka.

Selain itu, Pyongyang juga sudah meledakkan salah satu situs uji besar mereka. Namun Trump menambahkan bahwa itu sebenarnya empat dari situs uji coba besar mereka. Masih belum jelas situs uji coba mana yang dimaksud Trump.

Pada bulan Mei, Korut menghancurkan satu-satunya tempat uji coba nuklirnya, Punggye-ri, yang termasuk empat terowongan pengujian.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA