Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Presiden Nigeria: Banyak yang Mengharapkan Saya Mati

Senin 03 Des 2018 09:23 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari pada 2016.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari pada 2016.

Foto: REUTERS/Kevin Lamarque
Buhari membantah kabar beredar yang menyebut ia telah digantikan kembarannya.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Presiden Nigeria Muhammadu Buhari membantah klaim dia telah meninggal dunia dan digantikan oleh pria 'kembarannya' asal Sudan. Buhari akhirnya buka suara untuk pertama kalinya setelah rumor tersebut beredar di media sosial selama berbulan-bulan.

Buhari telah mencalonkan diri dalam pemilu pada Februari lalu untuk periode kedua kepresidenannya. Sebelum itu, ia sempat menghabiskan waktu selama lima bulan di Inggris untuk mengobati penyakit yang dirahasiakan.

Sebuah spekulasi mengatakan saat mencalonkan diri, ia telah digantikan oleh seseorang yang mirip dengannya dari Sudan bernama Jubril. Spekulasi itu secara luas disebarkan di media sosial dan oleh beberapa lawan politiknya.

Tidak ada bukti yang tersedia sejauh ini. Namun video spekulasi tersebut telah dilihat ribuan kali di YouTube dan Facebook. “Ini adalah saya yang asli, saya jamin. Saya akan segera merayakan ulang tahun ke 76 dan saya akan tetap kuat," kata Buhari kepada warga Nigeria di Polandia pada Ahad (2/12), dikutip The Guardian

“Banyak orang yang berharap saya mati saat sakit. Beberapa bahkan meminta Wakil Presiden untuk menganggap mereka sebagai wakilnya karena mereka menganggap saya sudah mati. Itu sangat memalukannya dan tentu saja, dia mengunjungi saya ketika saya sedang di London setelah pulih," paparnya.

Buhari menantikan ulang tahunnya yang ke 76 pada 17 Desember mendatang. "Jika saya dilecehkan oleh siapa saja, maka cucu-cucu saya, yang akan banyak merasakannya," ungkap dia.

Kantor kepresidenan mengedarkan komentar Buhari dalam sebuah pernyataan yang berjudul "Ini adalah Saya yang Asli, Presiden Buhari Menanggapi Tuduhan Kloning".

Video klarifikasi Buhari telah diunggah ke Twitter pribadinya dan mendapat reaksi dari 1,76 juta akun. Dalam video itu terlihat rekan-rekan Buhari tertawa saat ada yang bertanya mengenai spekulasi kematian dan penggantian Buhari dengan seorang 'kembaran' asal Sudan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Des 2018, 23:21 WIB