Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Lebih Lima Juta Orang Derita Penyakit Kronis di Mozambik

Ahad 17 June 2018 05:15 WIB

Red: Nidia Zuraya

Bendera Mozambik

Bendera Mozambik

Foto: ist
Perubahan iklim dan kondisi sosial alasan banyaknya kasus penyakit kronis di Mozambik

REPUBLIKA.CO.ID, MAPUTO -- Kementerian Kesehatan Mozambik baru-baru ini menyampaikan keprihatinan yang mendalam mengenai kenyataan bahwa lebih dari lima juta orang di negeri itu saat ini menderita penyakit kronis yang tidak menular. Menteri Kesehatan Nazir Abdula mengatakan bahwa perubahan iklim dan kondisi sosial termasuk alasan di balik banyaknya kasus tersebut.

"Ini adalah saat bagi cerminan gabungan mengenai strategi banyak-sektor dan pendekatan inovatif guna menjamin kualitas dan pencegahan yang berkelanjutan terhadap trauma dan penyakit kronis yang tak menyebar," kata menteri tersebut dalam sebuah laporan Lembaga Kesehatan Nasional yang dirilis baru-baru ini.

Menteri itu mengatakan penanaman modal bagi pencegahan penyakit tersebut adalah salah satu strategi untuk mencapai Sasaran Pembangunan Berkelanjutan di bidang kesehatan dan memerangi kemiskinan.

"Jumlah penyakit ini telah mencatat peningkatan yang setara dengan peningkatan harapan hidup. Penyakit kronis menyebar sebab negeri tersebut memiliki makin banyak daerah kota," kata Direktur Lembaga Kesehatan Nasional Ana Cumbe.

Lembaga kesehatan di Mozambik menyatakan akan menciptakan satu kelompok konsultasi atau landasan yang membantu dalam perancangan kebijakan untuk menangani penyakit itu dengan dasar bukti ilmiah.

Sumber : Antara/Xinhua
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES