Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Militer Nigeria Bebaskan 1.000 Sandera Boko Haram

Selasa 08 Mei 2018 04:35 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya

Para perempuan tawanan Boko Haram dilepaskan. (ilustrasi)

Para perempuan tawanan Boko Haram dilepaskan. (ilustrasi)

Foto: EPA/STR
Para sandera itu diselamatkan dari empat desa

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Militer Nigeria berhasil membebaskan 1.000 orang yang ditawan milisi Boko Haram di Nigeria Timur. Tak diterangkan apakah pembebasan tersebut dilakukan dalam sekali operasi atau bertahap.

"Para sandera itu diselamatkan dari empat desa di daerah Bama, negara bagian Borno," kata Brigadir Jenderal Texas Chukwu pada Senin (7/5).

Ia tak mengungkapkan kapan operasi penyelamatan dan pembebasan sandera itu dilakukan. Yang jelas, kata dia, pasukan Multinational Joint Task Force turut membantu membebaskan sebagian besar wanita dan anak-anak.

Milisi Boko Haram bertanggung jawab atas ribuan penculikan wanita dan gadis-gadis di Nigeria. Hal ini dilakukan selama sembilan tahun pemberontakannya terhadap Pemerintah Nigeria.

Menurut Pemerintah Nigeria, sejak mencetuskan gerakan pemberontakan, Boko Haram bertanggung jawab atas kematian sekitar 20 ribu warga di sana. Sebagian besar tewas akibat serangan bom bunuh diri.

Tak hanya itu, pemberontakan Boko Haram pun telah memaksa jutaan warga Nigeria mengungsi. Salah satu alasan mereka mengungsi adalah guna melindungi anggota keluarga, khususnya perempuan, dari penculikan Boko Haram.

Sumber : AP
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES