Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Wabah Meningitis Tewaskan 14 Orang di Nigeria

Kamis 08 March 2018 21:35 WIB

Red: Nidia Zuraya

Vaksin meningitis (Ilustrasi)

Vaksin meningitis (Ilustrasi)

Foto: Dailymail
Tahun lalu, 17 negara bagian terpengaruh oleh wabah meningitis di seluruh Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Lembaga kesehatan Nigeria pada Rabu (7/3) mengatakan 14 orang telah meninggal akibat wabah radang selaput otak akibat bakteri di Negara Bagian Jigawa di bagian barat-laut Nigeria. Pada saat yang sama lembaga tersebut memperingatkan mengenai penyebaran lebih jauh penyakit yang bisa mematikan itu akibat udara panas.

Komisioner Kesehatan di Jigawa Abba Zakari mengatakan kepada wartawan bahwa kematian tersebut dicatat dari 51 kasus dugaan meningitis di seluruh 10 daerah pemerintah lokal di negara bagian itu. "Negara bagian tersebut mencatat kasus pertama meningitis, radang parah selaput otak dan tulang belakang, pada November lalu," ujar Zakari.

Ia mengatakan pemerintah negara bagian tersebut sedang bekerja untuk mengendalikan penyebaran lebih jauh penyakit itu, sebagai ada kekhawatiran mengenai penyebaran wabah lebih parah dan angka kematian yang lebih banyak karena udara sangat panas. Wabah "cerebrospinal meningitis" biasanya muncul pada musim kering karena kondisi berdebu dan kelembaban udara rendah serta berakhirnya musim hujan.

Jigawa berada dalam lingkaran meningitis di wilayah Afrika. Tahun lalu, 17 negara bagian terpengaruh oleh wabah meningitis di seluruh Nigeria.

Sumber : Antara/Xinhua
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 June 2018, 03:21 WIB