Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Bukan Wortel, Buah Ini Menjaga Kesehatan Mata

Rabu 18 July 2018 17:40 WIB

Red: Nur Aini

Jeruk (Ilustrasi)

Jeruk (Ilustrasi)

Teratur makan jeruk bisa mengurangi kemungkinan penyakut mata macular generation.

REPUBLIKA.CO.ID,  MELBOURNE -- Sudah lama beredar pepatah dalam bahasa Inggris yang mengatakan 'satu apel sehari akan membuat kita bisa menjauhi dokter'. Sekarang peneliti mengatakan jeruk bisa juga dalam kategori buah sehat.

Penelitian baru menunjukkan mereka yang makan jeruk teratur bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit mata yang disebut 'macular degeneration'.

Macular degeneration adalah nama untuk sekelompok penyakit yang berhubungan dengan retina yang menyebabkan berkurangnya penglihatan dengan cepat.

Menurut Macular Disease Foundation, hal itu merupakan penyebab kebutaan utama di Australia dan mempengaruhi satu dari tujuh orang yang berusia di atas 50 tahun. Penelitian yang dilakukan oleh Westmead Institute for Medical Research menganalisis pola makan 2000 warga Australia yang berusia di atas 50 tahun selama masa 15 tahun.

Para peneliti melihat pola makan dalam hubungan dengan risiko penyakit yang berhubungan dengan penglihatan. Dari keseluruhan penelitian mengenai pola makan tersebut, konsumsi jeruk khususnya yang memberi pengaruh besar.

Ini bukan karena vitamin C

Peneliti utama proyek itu, Bamini Gopinath, yang bekerja di Universitas Sydney mengatakan mereka yang makan satu atau dua porsi jeruk setiap hari memiliki 60 persen kemungkinan lebih kecil mengalam 'mucular degeneration'. Dr Gopinath mengatakan bahwa yang mengejutkan bahwa yang menjadi penyebab bukan karena jeruk mengandung vitamin C, namun penyebabnya kemungkinan adalah karena jeruk mengandung flavonoid.

"Dalam analisis kami, kami mengesampingkan faktor Vitamin C, dan hubungan itu tetap ada." kata Dr Gopinath.

"Jadi kami tahu bahwa ini tidak ada hubungannya dengan Vitamin C dalam jeruk. Kami berspekulasi bahwa ini mungkin karena flavonoid atau hal lain. Karena penelitian ini hanya berdasarkan pengamatan, masih sulit menentukan apa yang sebenarnya menjadi faktor penyebab."

Flavanoid adalah zat yang ada dalam makanan atau minuman yang membantu mengurangi pembengkakan dalam tubuh. Dr Gopinath mengatakan hasil penelitian ini sangat menggembirakan, namun mengatakan bahwa ini barulah hasil permulaan, dan masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk betul-betul memastikan adanya hubungan antara jeruk dan mucular degeneration.

"Kami tidak mengatakan makanlah jeruk maka anda akan jadi baik." katanya.

"Kami menyarankan pola makan yang lebih baik, dan jeruk bisa menjadi bagian dari itu." Dr Gopinath menyampaikan penemuan tersebut dalam konferensi internasional beberapa waktu lalu, dan mengatakan peneliti lain juga menyimpulkan hal serupa.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-07-18/jeruk-bagus-untuk-kesehatan-mata/10007616
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Obor Asian Games 2018 Tiba di Jakarta

Rabu , 15 August 2018, 13:24 WIB