Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Australia Tarik Peredaran Sayuran Beku karena Bakteri

Selasa 10 July 2018 21:31 WIB

Red: Nur Aini

Sayuran cruciferous.

Sayuran cruciferous.

Foto: Food & Nutrition Magazine
Bakteri listeria menyebabkan kematian enam orang di Australia beberapa bulan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Beberapa merek sayuran beku telah ditarik peredarannya dari supermarket di Australia karena kekhawatiran adanya bakteri listeria di dalamnya. Bakteri tersebut telah menyebabkan kematian enam orang di negara bagian New South Wales dan Victoria beberapa bulan lalu.

Badan pemantau keamanan pangan di Australia dan Selandia Baru Food Standards Australia and New Zealand (FSANZ) pada Senin (9/7) mengeluarkan peringatan bagi beberapa merek sayuran beku yang dijual di supermarket Aldi, Woolworths, dan toko-toko IGA.

Beberapa sayuran tersebut diimpor dari Eropa. Penarikan di Australia dilakukan setelah sebelumnya hal sama terjadi di Inggris karena kekhawatiran adanya kontaminasi yang sama.

Merek-merek terkenal yang ditarik

Distribusi makanan beku yang berbasis di Belgia Greenyard Frozen NV melakukan penarikan produk-produk yang dikhawatirkan tercemar tersebut.

Inilah beberapa produk yang dijual di Australia yang ditarik dari peredaran:

  • Woolworths - Essentials snap frozen mixed veg 1kg: Carrots, peas, corn, green beans & potatoes – National distribution. Best before dates 19 MAR 2020 through to 24 APR 2020
  • Woolworths - Bell Farms Steam Veggie Carrot Corn and Broccoli 3pk 450g – National distribution, all stock

  • IGA - Black & Gold Corn Kernels 500g – National distribution. Best before all dates
  • IGA - Black & Gold Mixed Vegetables 1kg: Carrots, peas, beans & corn – National distribution. Best before all dates
  • ALDI - Market Fare Peas, Carrots and Super Sweet Corn 1kg – National distribution
  • ALDI - Market Fare Corn Kernels 1kg QLD, VIC, WA and select NSW stores. Product of Hungary (only)
  • ALDI - Market Fare Mixed Vegetables 1kg QLD, NSW, ACT, WA. Packed in Belgium from imported and Belgian ingredients (only)
  • ALDI - Market Fare Quick Steam Carrot Broccoli and Cauliflower 450g – National distribution
  • ALDI - Market Fare Quick Steam Carrot Corn and Broccoli 450g – National distribution
  • ALDI - Only products with country of origin of Belgium, United Kingdom or Hungary. All other countries not affected

Beberapa bulan lalu wabah listeria yang berhubungan dengan buah rockmelon menyebabkan kematian enam orang di NSW dan Victoria.

Asosiasi petani sayuran Australia, AUSVEG, mengatakan produk yang ditarik tersebut adalah produk yang diimpor, bukan sayuran yang diproduksi di dalam negeri. Direktur eksekutif AUSVEG James Whiteside mengatakan sistem pelabelan produk baru yang dilakukan di Australia sekarang bisa menunjukkan asal negara produksi.

Whiteside mengatakan dampak penarikan produk ini terhadap produk sayuran lokal tidak akan terlalu besar. "Pasti ada dampak jangka pendek, namun secara keseluruhan kemungkinan produk Australia menjadi sebab adanya wabah seperti ini sangatlah kecil." katanya.

"Saya kira para petani tidak akan terlalu khawatir, dan mereka percaya sepenuhnya dengan publik yang akan bisa membuat keputusan sendiri mengenai makanan yang akan mereka beli."

Juru bicara FSANZ Lorraine Haase mengatakan sejauh ini tidak ada laporan mengenai adanya wabah listeria di Australia, tetapi sejumlah orang meninggal di Inggris.

"Ini adalah tindakan penarikan untuk berjaga-jaga, guna memastikan konsumen tahu dan membuang produk ini dari lemari es mereka." katanya.

Otoritas Keamanan Pangan Eropa mengatakan sudah ada 47 kasus termasuk sembilan kematian sejak adanya wabah ini di Eropa pada 2015 yang bertalian dengan sayuran beku tersebut. Jenis bakteri yang sama juga terdeteksi di sayuran beku yang diproduksi oleh perusahaan yang sama di Hongaria pada 2016, 2017, dan 2018.

Hal itu menunjukkan bahwa jenis bakteri tersebut tetap ada dalam proses produksi walaupun sudah ada usaha pembersihan yang dilakukan. Menurut pihak berwenang, bila anda memiliki produk tersebut, anda bisa mengembalikannya ke supermartket atau dibuang ke tong sampah.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-07-10/sayuran-beku-ditarik-di-australia-karena-bakteri-listeria/9963056
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA