Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Ini Dia Foto Jarak Dekat Terjelas dari Permukaan Pluto

Ahad 13 Desember 2015 14:15 WIB

Rep: http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-12/ini-dia-foto-jarak-dekat-terjelas-dari-permukaan-pluto/1525220/ Red: Maman Sudiaman

 Foto jarak dekat dari permukaan Pluto yang diambil dari pesawat ruang angkasa ‘New Horizons’

Foto jarak dekat dari permukaan Pluto yang diambil dari pesawat ruang angkasa ‘New Horizons’

Foto: abc news

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- NASA telah merilis beberapa foto paling tajam yang pernah ditangkap dari Pluto, memberi wawasan baru tentang planet kecil ini.

Badan antariksa AS ini mengatakan, foto-foto tersebut bisa jadi gambar paling jelas yang manusia pernah lihat dari Pluto.

Foto yang diambil dengan kamera teleskopik ini diterbitkan ke publik pada pekan kedua Desember -setelah mereka diambil dari pesawat ruang angkasa New Horizon milik NASA selama penerbangan 14 Juli-nya. Foto mosaik dengan warna yang dipertajam ini dirangkai dari foto hitam-putih beresolusi tinggi.

Para ilmuwan kemudian menambahkan "data warna resolusi yang lebih rendah" untuk mewarnai salah satu foto.

Resolusi 77-85 meter per pixel mengungkap fitur yang lebih kecil dari setengah blok kota di permukaan Pluto, di saat pesawat ruang angkasa melayang dalam jarak 10 ribu kilometer dari planet ini mengambil serangkaian gambar. Foto jarak dekat dari planet ini menunjukkan geologi permukaan yang terdiri dari blok es, kawah dan pegunungan bergerigi.

Foto-foto itu memberi pengetahuan baru akan "lubang Pluto" yang misterius - lekukan yang mungkin telah terbentuk melalui kombinasi rekah es dan penguapan.

"Gambar jarak dekat ini, yang menunjukkan keragaman medan di Pluto, menunjukkan kekuatan robot penjelajah planet kami untuk menghasilkan data yang menarik bagi para ilmuwan kembali di Bumi," kata administrator Direktorat misi ilmu pengetahuan NASA yang juga mantan astronot, John Grunsfeld.

Ia menerangkan, "New Horizons mengejutkan kami selama penerbangan bulan Juli dengan gambar Pluto dari jarak dekat pertama kali, dan di saat pesawat ruang angkasa mengirimkan harta karun berupa gambar kepada kami, kami terus mengagumi apa yang kami lihat."

Foto-foto itu menunjukkan bidang selebar 80-kilometer di Pluto yang terletak di sekitar 800 kilometer dari "tanah tandus" di barat laut dataran es yang dikenal sebagai ‘Sputnik Planum’ dan pegunungan perbatasan ‘al-Idrisi’.

"Sebuah foto jarak dekat Pluto dari pesawat ruang angkasa menjanjikan kisah yang luar biasa tentang asal-usul tata surya kita," tulis NASA dalam situsnya.

"New Horizons menjajaki - untuk pertama kalinya -bagaimana planet es kecil seperti Pluto berevolusi dari waktu ke waktu."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 Agustus 2018, 11:11 WIB