Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Petani di NSW Terima Sumbangan Jerami Sebanyak 18 Kontainer

Ahad 09 Feb 2014 00:30 WIB

Red:

abc news

abc news

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Pekan ini menjadi pekan terberat bagi peternak di New South Wales. Kondisi ini terjadi menyusul  bencana kekeringan yang terus melanda kawasan tersebut.  Menyikapi kondisi ini sejumlah petani menyumbangkan rumput jerami bagi rekan peternak mereka.

Semakin lama kekeringan terjadi, semakin banyak bentuk solidaritas dan kebersamaan yang dilakukan oleh anggota komunitas pedesaan di kawasan tersebut.

Sebenarnya banyak tindakan sejenis  yang dilakukan warga sebelumnya untuk membantu para petani di sebelah Barat Laut NSW, seperti memberikan makanan dan menyumbangkan belanjaan, tapi hal-hal seperti ini tidak banyak diketahui masyarakat.

Namun bantuan berupa donasi rumput jerami  untuk makan ternak seperti ini sulit luput dari perhatian. Apalagi jumlahnya sampai bertruk-truk.

Sedikitnya 18 buah truk semi-trailier digunakan untuk mengangkut sekitar 500 ton jerami sumbangan para petani di sebelah selatan  untuk mitra lama mereka di bagian Barat Laut NSW.

Kegiatan donasi ini dipelopori oleh Brendan Farrell, petani gandum dan domba dari Burrumbuttock di Selatan NSW.

"Seseorang harus berbuat sesuatu,  karena pada saat ini tingkat  bunuh diri sangat tinggi dan kondisinya memang sangat buruk di kawasan NSW dan Queensland,” katanya, baru-baru ini.

Farrell mengatakan petani dari seluruh kawasan di NSW telah mengurangi jumlah makanan ternak mereka di Burrumbuttock selama dua bulan terakhir.

Bahkan dengan bantuan 18 truk yang mereka kirim untuk 91 orang peterenak, jumlah itu hanya cukup untuk makanan ternak mereka selama beberapa pekan selama masa darurat di kawasan tersebut.

"Kita tidak bisa cuma berdiam diri saja dan hanya  mempedulikan diri sendiri, kita harus memberitahukan mereka kalau kita peduli,” katanya.

Kebaikan berskala luar biasa tidak hanya memberikan makanan darurat buat ternak tapi juga membantu membangkitkan semangat di seluruh pedesaan dikota itu.

Ketika iring-iringan yang terbentang sepanjang 15 kilometer itu menuju ke Utara melalui sejumlah kota-kota kecil  yang paham betul kesulitan hidup dimasa kekeringan.

Konvoi truk yang menyumbangkan waktu dan bahan bakar mereka untuk perjalanan mengantar jerami donasi ini menerima dukungan dan penerimaan yang luar biasa dari  masyarakat di sepanjang jalan dan tampaknya juga akan mereka temui di kota Bourke yang akan mereka lalui pekan ini.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2014-02-08/sumbangan-jerami-18-kontainer-untuk-petani-di-nsw/1261598
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES