Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

In Picture: Jogi Dera Kampung Pawang Kobra (Bagian 2)

Jumat 27 Januari 2017 02:31 WIB

Rep: Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Foto: Adnan Abidi/Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, UTTAR PRADESH -- Ular sangat dihormati oleh umat Hindu di India. Pawang ular pun dianggap sebagai pengikut Dewa Siwa. Dewa yang kerap digambarkan mengenakan kalung berupa ular kobra di lehernya. Atraksi pawang ular kerap ditemui di pasar dan festival tradisional di India. Merekapun kerap dimintai pertolongan untuk mengobati jika sesorang digigit ular.

Keahlian menaklukan reptil berbisa inipun diteruskan secara turun temurun kepada anak-anak si pawang. Kobra dan ular berbisa menjadi bagian keseharian warga desa. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak tampak tidak canggung lagi bermain-main dengan reptilia ini. Tidak jarang mereka harus meninggalkan sekolah untuk mengikuti sang ayah memburu kobra. 

Seiring perkembangan jaman dan protes aktivis penyayang binatang, ruang gerak pawang ular ini semakin sempit. Secara finansial pun penghasilan pawang ular ini tidak mampu menutupi kebutuhan sehari-hari. Kini warisan budaya Sapera ini terus tergerus laju modernisasi, entah hingga kapan bisa bertahan. 

Sumber : Reuters

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA