Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

In Picture: Sembalun, Surga di Kaki Gunung Rinjani

Rabu 06 Apr 2016 21:13 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID,  Belum ke Lombok kalau belum mengunjungi Sembalun. Demikian pameo masyarakat bagi wisatawan yang mengunjungi Lombok.  Bisa dikatakan Sembalun merupakan surge kecil di kaki Gunung Rinjai yang sudah kesohor. Memiliki hawa yang sejuk, ditambah suasana sepi dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadikan  Sembalun cocok untuk melepaskan penat sejenak.

Kecamatan Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya.

Untuk menikmati Sembalun secara utuh bisa juga dari atas yakni dari Bukit Pergasingan. Bagi anda yang hobi naik gunung, ditutupnya Gunung Rinjani memang cukup bikin galau. Tapi tenang, meskipun Gunung Rinjani ditutup, ada tiruannya yang gak kalah eksotis pemandangannya bahkan menurut teman-teman saya yang lain, ini jauh lebih indah daripada berada di Puncak Rinjani.

Bukit Pergasingan, tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur, dengan ketinggian 1700an mdpl, menawarkan solusi alternatif buat kalian yang pengen naik gunung saat Rinjani ditutup. Mendaki kurang lebih 3 jam kalian sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahraga atau kepintaran main gasing diantara mereka.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA