Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar

Apa saja ciri-ciri Lailatul Qadar?

Selasa 28 May 2019 03:55 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Ilustrasi Lailatul Qadar

Foto: Republika/mgrol101

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lailatul Qadar adalah malam yang mulia. Derajatnya lebih baik daripada seribu bulan. Inilah malam yang di dalamnya Alquran pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada manusia. Malam ini terjadi pada bulan suci Ramadhan. Namun, Alquran dan hadis tidak mengungkapkan tanggal pastinya.

 

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar:

 

1.      Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi harinya matahari bersinar lemah dan tampak kemerah-merahan” (HR ath-Thoyalisi)

 

2.      Dari Abi bin Ka’ab, Rasulullah SAW bersabda, “Subuh hari dari malam Lailatul Qadar, matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik” (HR Muslim)

 

Menurut Ustaz Abdul Somad, mereka yang mendapatkan Lailatul Qadar dapat dikenali dari perubahan sifat. Yang belum baik menjadi lebih saleh, gemar berderma, kian rendah hati, dsb. Lailatul Qadar adalah salah satu rahasia Allah. Semoga kita meraih keberkahan malam tersebut.

 

 

 

Sumber: Buku Panduan Ramadhan, ceramah Ustaz Abdul Somad 24/5/2019

 

Pengolah: Hasanul Rizqa

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA