Jumat 20 Sep 2013 07:19 WIB

Veloster Turbo, Kejutan Hyundai di IIMS 2013

Presiden Direktur Hyundai Mobil Indonesia Mukiat Sutikno saat memperkenalkan Veloster Turbo
Foto: Mansyur Faqih/Republika
Presiden Direktur Hyundai Mobil Indonesia Mukiat Sutikno saat memperkenalkan Veloster Turbo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu produk andalan Hyundai di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yaitu Veloster Turbo. Produk ini dianggap sebagai kejutan dari PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI).

Ini merupakan coupe tiga pintu yang memiliki fungsionalitas seperti hatchback. Namun, dengan aplikasi pintu tambahan untuk penumpang belakang.

Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno menjelaskan, model ini memang hanya menjadi showcar. Namun, kehadirannya dipastikan akan menjadi daya tarik yang mampu memerlihatkan teknologi dan desain terkini pabrikan dari Korea tersebut.

Veloster hadir dengan mengadopsi pakem baru. Yakni, sistem pintu belakang mengadopsi model hinged door yang konvensional. Namun tetap mampu memertahankan ciri khas kendaraan coupe. Triknya, dengan menempatkan handle pintu secara tersembunyi di bagian pilar C.

"Ide kreatif dari desainer Hyundai itu mampu menciptakan akses yang mudah dan aman. Serta mengandung muatan kejutan berikutnya, yaitu kursi belakang yang lapang," tambah dia.

Mobil ini dilengkapi dengan All New 6-speed Ecoshift Dual Clutch Transmission (DCT) yang dikembangkan secara khusus. Teknologi ini berhasil memadukan keunggulan transmisi manual yang sporty dengan karakter khas transmisi otomatik yang halus.

Untuk dapur pacu, Veloster dilengkapi dengan mesin 1,6 liter turbocharged GDI 4-silinder yang mampu meletupkan tenaga 201 hp pada 6.000 RPM. Serta torsi 265 Nm pada 1.750-4.500 RPM.

"Saat ini, kami tengah mencoba memerkenalkan Veloster ke konsumen Indonesia. Tujuannya, untuk mempelajari bagaimana pendapat masyarakat terhadap model tersebut," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement