Kamis 19 Sep 2013 20:48 WIB

Toyota Mulai Ekspor Fortuner ke Amerika Latin

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Mansyur Faqih
New Toyota Fortuner
Foto: www.sportku.com
New Toyota Fortuner

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) Hisayuki Inoue mengumumkan, SUV Fortuner pabrikan Indonesia mulai diekspor ke Amerika Latin pada September tahun ini. Niat tersebut, menurut Inoue, mempertegas komitmen Toyota yang ingin menjadikan Indonesia sebagai basis secara global. 

Sebagai langkah awal untuk mewujudkan niat tersebut, Toyota akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik di Karawang. Saat ini, pabrik Toyota di Karawang memiliki kapasitas produksi sebanyak 200 ribu unit per tahun. 

"Kapasitas produksi bertambah menjadi 250 ribu unit tahun depan," kata Inoue di sela perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta, Kamis (19/9).

Sebelum Amerika Latin, Toyota sudah mengekspor Fortuner secara utuh (CBU) buatan Indonesia ke wilayah Timur Tengah. Antara lain, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Saudi Arabia, Yordania, Oman, Kuwait, Bahrain, dan Yaman. Serta negara lain seperti Filipina, Nigeria, dan Ghana.

Ekspor ke Amerika Latin ini sekaligus akan menigkatkan volume Fotuner sebanyak 18 persen. Semester pertama tahun ini, Toyota sudah berhasil mengekspor Fortuner sebanyak 22.435 unit. Jumlah ini meningkat dari periods yang sama dari tahun lalu sebanyak 20.101 unit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement