Jumat 21 Mar 2014 10:41 WIB

Vitamin untuk Kulit Wajah

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Umumnya kulit hanya membutuhkan vitamin A, C, dan E.
Foto: Prayogi/Republika
Umumnya kulit hanya membutuhkan vitamin A, C, dan E.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika memilih produk perawatan kulit, perempuan kerap dibuat bingung dengan banyaknya pilihan. Apalagi ketika produk tersebut diberi tambahan embel-embel vitamin. Vitamin apa yang dibutuhkan itu yang membuat bingung.

“Kebutuhan vitamin setiap orang berbeda,” kata dokter kulit dr Kevin A. Maharis, BMed, Sc. Jenis kulit setiap orang yang berbeda membuat kebutuhan vitaminnya pun tidak sama.

Untuk mengetahui jenis vitamin yang dibutuhkan, seseorang perlu mengenali jenis kulitnya sendiri.

Bila terdapat kekurangan atau diketahui kulitnya tidak normal, bisa dikenali pula jenis vitamin yang dibutuhkan. Selain itu, faktor usia juga turut menjadi pembeda. Umur seseorang berpengaruh terhadap konsumsi vitamin bagi kulitnya.

Vitamin yang berguna bagi kulit sebenarnya sangat banyak. Namun, hanya vitamin A, C, dan E saja yang secara umum dibutuhkan kulit seseorang. Ketiga vitamin itu kemudian paling banyak ditemukan dalam produk perawatan.

Vitamin A memiliki fungsi meregenerasi kulit sehingga banyak ditemukan pada produk antipenuaan. Sedangkan, vitamin C mengandung zat-zat yang berfungsi menangkal radikal bebas. Dan, biasanya banyak terkandung dalam produk kosmetik krim yang dipakai pada siang hari. Kemudian, vitamin E memiliki fungsi menstimulasi kolagen. Jenis vitamin ini yang membuat kulit menjadi kenyal dan lembap.

Meski memiliki banyak manfaat, vitamin juga bisa menjadi musuh kulit. Terutama, untuk vitamin E yang rentan terhadap kulit berminyak. Bagi si pemilik kulit berminyak, kelembapan yang dimilikinya cenderung sudah berlebih.

Apa bila diberikan suntikan vitamin E lagi, otomatis kelembapannya akan membuka pori-pori. Sehingga, jerawat pada wajah tak bisa terhindari. “Selain berjerawat, juga tambah berminyak,” ujar Kevin. Sebaliknya, vitamin E justru bagus bagi mereka yang memiliki kulit cenderung ke ring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement