Rabu 14 May 2014 09:47 WIB

Tips Membersihkan Gadget dan Alat Elektronik (1)

Membersihkan gadget perlu dilakukan secara rutin.
Foto: cbc,ca
Membersihkan gadget perlu dilakukan secara rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, Bersih-bersih, kini, tak berlaku untuk kamar mandi, lemari, dan dapur. Bersih-bersih termasuk berlaku pada gadget yang bertebaran di rumah dan sehari-hari digunakan.

Studi yang dilakukan oleh Stanford University, seperti dikutip dari laman Today, menemukan kalau telepon genggam 18 kali lebih penuh kuman dibanding pegangan toilet.

Sebelum membersihkan gadget dan alat elektronik lain pastikan tenaganya telah dimatikan dan dicabut dari colokan atau baterainya telah dicopot. Kedua, jangan gunakan produk pembersih yang mengandung kimia berat seperti amonia. Senyawa kimia berat pasalnya bisa merusak lapisan di sejumlah layar gadget atau elektronik.

Selanjutnya jangan pernah gunakan cairan disinfektan kecuali untuk keyboard atau remote TV. Terakhir, jangan pernah semprotkan cairan apapun langsung ke alat. Sebaiknya, semprotkan cairan pembersih ke lap bersih baru usap alat-alat dengan kain lap tersebut.

1. Layar TV

Ketika membersihkan TV flat-screen, lupakan bersihkan khusus rumah tangga. Televisi tersebut memiliki lapisan khusus di permukaan yang bisa rusak oleh produk pembersih. Cukup lap layar dengan kain kering yang lembut.

Bila ada noda membandel, beli cairan pembersih khusus yang dijual di toko. Cari produk yang dirancang membersihkan layar TV yang datar.

Baca juga manual pembelian TV, biasanya terdapat anjuran bagaimana cara terbaik membersihkan TV. Sebab setiap TV dirancang berbeda-beda.

2. Monitor komputer, tablet, buku elektronik, komputer jinjing

Monitor komputer umumnya memiliki lapisan debu tipis yang tersebar di sepanjang permukaan. Hilangkan dengan kain lap lembut dan kering, misalnya dari bahan katun microfiber. Bila harus menggunakan lap basah, basahi saja lap dengan sedikit air mineral. Sedikit karena air tersebut mengandung mineral yang bisa merusak layar. Dan, tanggalkan penggunakan bahan-bahan kimian yang keras.

3. Keyboard

Keyboard merupakan sarang debu, rambut, dan remah makanan. Bersihkan dengan embusan udara untuk membuang debu diantara tombol-tombol. Sedangkan sikat gigi lembut bisa menghilangkan debu yang melekat. Untuk tombol-tombolnya bersihkan dengan kapas yang dicelupkan dalam isopropyl.

Untuk menjaga kebersihan, bisa juga menggunakan pelapis keyboard. Pelapis ini melindungi keyboard saat digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement