Jumat 05 Jul 2013 13:44 WIB

Yuk, Bikin Lilin Dekoratif Sendiri

Berbagai macam bentuk dan warna lilin buatan sendiri
Foto: EDUCATION TIMES
Berbagai macam bentuk dan warna lilin buatan sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, Cahaya lilin membuat suasana menjadi romantis. Apalagi bila cahayanya berpendar dari lilin-lilin yang unik bentuknya. Sekarang, lilin tampil  dalam beragam bentuk dan warna. Dengan sedikit latihan dan 'secuil'  inspirasi, Anda bisa membuat lilin sendiri. Anda juga bisa menambahkan  unsur penghias, warna-warna favorit dan wewangian yang Anda sukai pada  lilin. Hasilnya, bisa sebagai penghias ruangan dan juga hadiah yang  mengesankan bagi orang-orang dekat Anda. Berikut cara membuat lilin yang termudah. 

 

Bahan dan alat 

sumbu lilin 

kabel untuk menegakkan sumbu 

parafin 

panci tangkai untuk mencairkan lilin 

gelas, cangkir, atau cetakan kue tarlet 

panci yang lebih besar untuk mendinginkan lilin 

unsur penghias: pewarna, kepingan kaca warna-warni atau kerang. 

 

Dasar pembuatan 

1. Siapkan wadah atau cetakan. Letakkan sumbu di tengah-tengah, gunakan  kawat sepanjang diameter permukaan wadah tersebut. Ikatkan ujung atas  sumbu pada kawat tersebut sehingga sumbu tetap tegak. 

2. Lelehkan lilin parafin di panci. Bila suka, bubuhi warna atau  wewangian, setelah lilin meleleh semua, bila perlu. Ingat, sedikit warna  atau wewangian akan mudah hilang dalam proses. 

3. Letakkan wadah pada tempat yang pas sehingga tak mudah bergerak.  Tuangkan lilin cair. Jangan isi sampai penuh, biarkan setidaknya 2 cm dari  atas permukaan sehingga Anda tak perlu khawatir lilin akan melimpah saat  wadah itu ditempatkan dalam panci berisi air dingin. Selalu sisakan  sedikit lilin cair. Tepuk sisi wadah untuk mengeluarkan gelembung udara di  dalam adonan lilin. 

4. Untuk mempercepat pengerasan lilin, letakkan dalam panci pendingin. Isi  panci tersebut dengan air dingin beberapa sentimeter lebih rendah daripada  cetakan. 

5. Setelah lilin mengeras, di bagian tengah cetakan tampak cekung. Ini  lumrah terjadi. Anda bisa menambalnya dengan lilin sisa setelah dipanaskan  lebih dahulu. Setelah lilin mengeras seluruhnya, lepaskan dari cetakan  atau Anda bisa saja ingin mempertahankannya tetap dalam wadahnya. Lepaskan  sumbu dari kawat penegaknya. Gunting sumbu sesuai kebutuhan Anda. 

 

Lilin dalam gelas 

Lilin dalam wadah adalah yang paling mudah dibuat. Anda bisa menggunakan  gelas atau cangkir teh yang indah sebagai wadahnya. Bila Anda ingin menggunakan cangkir atau gelas kaca, pilihlah yang bisa  tahan suhu lilin panas (70 hingga 80 derajat Celcius). Agar gelas kaca  Anda tidak pecah, hangatkan dulu dengan air panas sebelum diisi lilin. 

 

Lilin apung 

Bila Anda ingin membuat lilin apung, gunakan cetakan kue tarlet dengan  cara yang sama. Lubangi bagian tengah dasar cetakan untuk tempat sumbu  bagian bawah. Sementara ujung atas sumbu diikatkan pada kawat penegaknya  sehingga sumbu tegak dari atas ke bawah. Tutup lebih dahulu lubang kecil  di dasar itu dengan beberapa tetes lilin panas. Setelah lubang tertutup,  tuang lilin cair ke dalamnya. Bila lilin sudah keras, lepaskan dari  cetakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement