Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

6 Kiat Keluarga Harmonis Lewat Makan Bersama

Selasa 17 Sep 2013 10:08 WIB

Red: Endah Hapsari

Makan bersama sekeluarga

Makan bersama sekeluarga

Foto: sheknows.com

REPUBLIKA.CO.ID, Menjalin keharmonisan keluarga bisa lewat berbagai cara. Satu di antaranya adalah lewat meja makan. Namun, ada kiat khusus untuk melakukan ini, berikut di antaranya:

 

1. Saat makan bersama matikan gadget. 

Masing-masing anggota keluarga manfaatkan momen ini untuk fokus makan. Jangan ada yang memainkan gadget atau update status. Jika seperti itu bukan makan bersama namanya. Jika makan sambil bermain gadgethanya akan mendapatkan manfaat fisik saja, tidak mendapat manfaat kognitif, emosional, dan sosial.

 

2. Bercakap-cakaplah dengan sesama angggota keluarga. 

Dalam hal ini anak akan bertambah perbendaharaan kosakata, memahami mana yang salah dan benar, bahkan dapat meningkatkan keterampilan bergaulnya.

 

3. Pilih topik pembicaraan yang positif, yang menyenangkan. 

Misalnya, pengalaman ketika di kantor, pengalaman di sekolah. Hal ini bisa mengurangi tingkat stres terhadap pekerjaan dan beban di sekolah. Bisa pula mengangkat tema mengenai film terbaru, isi majalah anak, atau ide-ide untuk mendesain ulang kamar atau apa saja yang positif.

 

4. Jangan bicarakan hal yang negatif dan sensitif. 

Misalnya, anak yang habis bertengkar di sekolah. Jangan dibahas saat makan bersama, ini akan merusak moodanak. Anak akan kembali murung.

 

5. Berikan kursi khusus untuk masing-masing anggota keluarga. 

Misalnya, ada kursi untuk ayah, ibu, kakak, dan adik. Jadi, ketika kursi itu kosong satu, akan ketahuan siapa yang tidak ikut makan bersama.

 

6. Tentukan hari spesial untuk masing-masing anggota keluarga.

Buat jadwal selama sebulan. Misalnya, hari spesial untuk ayah setiap tanggal satu maka pada tanggal itu ayah menjadi pengambil keputusan makanan apa yang akan disajikan dalam makan bersama ini. Bisa pula hari spesialnya itu adalah hari ulang tahun anggota keluarga. Hal ini bisa meredakan pertengakaran dan melatih anggota keluarga untuk dipimpin dan memimpin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA