Kamis 10 Jul 2014 11:01 WIB

Kapankah Waktu Terbaik untuk Hamil?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Ibu hamil (ilustrasi)
Foto: PA
Ibu hamil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah usia Anda, siklus bulanan Anda, bahkan cuaca memengaruhi kemampuan Anda untuk hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk mencoba mempunyai bayi, dilansir dari Mother and Baby, Kamis (10/7).

1. Usia remaja

Anda akan jauh lebih mungkin hamil diusia remaha dan Anda memiliki lebih banyak energi untuk menangani kehamilan dan membesarkan bayi Anda. Ibu remaja berusia di atas 16 tahun, bagaimanapun mudah untuk hamil namun juga memiliki risiko lebih besar menderita pre-eklampsia alias kematian bayi atau kelahiran prematur. Kadang-kadang hal ini dikaitkan dengan kondisi finansial atau mereka tidak begitu menyadari cara menjalani kehamilan.

2. Usia 20-an

Anda memiliki kesempatan hamil 95 persen secara alami diusia 20-an. Perempuan diusia 20-an menghasilkan telur-telur terbaik. Risiko down syndrom kehamilan hanya dialami 1 dari 1.500 perempuan berusia 20-an.

3. Usia 30-an

Setelah Anda berusia 30, peluang Anda untuk hamil akan menurun. Penelitian menunjukkan bahwa setelah usia 35 kemungkinan untuk susah hamil lebih tinggi. 

4. Usia 40-an

Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda berhasil hamil diusia 40 tahunan, maka Anda akan cenderung memiliki umur yang panjang. Menopouse Anda kemudian akan membantu melindungi diri Anda terhadap penyakit jantung, stroke dan Alzheimer. Kemungkinan untuk hamil direntang usia ini hanya 30 persen. Satu dari 100 perempuan masih berkemungkinan untuk hamil diusia 40 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement