Rabu 18 Dec 2013 11:13 WIB

Kebiasaan Sehat Ini Dapat Mencegah Kanker

Olahraga lari  (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Olahraga lari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Perubahan gaya hidup yang sederhana bisa membantu mencegah kanker. Mulai dari apa yang harus dimakan, vitamin apa yang Anda butuhkan lebih banyak merupakan langkah kecilnya. Perhatikan tips sederhana ini yang dapat membuat Anda bebas penyakit, seperti dilansir dari Woman’s Day.

1. Periksa kadar vitamin D Anda

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa memiliki tingkat optimal dari vitamin D dapat menurunkan risiko kanker payudara. Periksakan kadar vitamin D Anda ke dokter. Dokter akan melakukan tes darah singkat untuk mengetahui apakah kadar vitamin D Anda rendah, sehingga Anda perlu mengambil suplemen. Vitamin D sulit untuk didapatkan melalui pola makan Anda karena hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi.

 

2. Kurangi asupan daging

Secara keseluruhan, seorang vegetarian memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Hal tersebut juga di tunjukkan oleh sebuah penelitian dari Loma Linda University di California yang menemukan bahwa memangkas asupan hewani dapat menurunkan risiko bahkan lebih, khususnya pada kanker payudara, ovarium, kandung kemih dan usus besar.

 

3. Tetap langsing

Menurut Joanne Mortimer, MD, ovarium berhenti memproduksi estrogen setelah menopause, namun lemak menghasilkan estrogen, sehingga ia menduga bahwa wanita yang mengalami obesitas terus mengalami peningkatan jumlah hormon estrogen yang lebih tinggi dari daripada wanita dengan berat badan normal. Ini menyebabkan pengembangan massa payudara. Untuk itu jaga bobot tubuh Anda.

 

4. Olahraga setiap hari

Para ahli di University of Minnesota menemukan bahwa bergerak selama 30 menit, lima kali seminggu seperti berjalan kaki atau mengikuti kelas yoga dapat mengubah cara tubuh Anda memproses estrogen, yang pada gilirannya membantu menurunkan kemungkinan berkembangnya kanker payudara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement