Senin 20 May 2013 12:40 WIB

Waduh, Sering Pakai Perhiasan Emas Bisa Kena Alzheimer?

Perhiasan emas
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Perhiasan emas

REPUBLIKA.CO.ID, Keindahan perhiasan yang satu ini memang bisa membuat siapa saja tertarik untuk memilikinya. Selain sebagai simbol strata sosial, perhiasan emas juga bisa meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri pemiliknya.

Namun Anda patut waspada, karena sebagai bagian dari bahan tambang, emas dapat mempengaruhi sistem saraf dan memberikan efek stimulan yang dapat mengganggu kesehatan. Seperti dilansir situs duniafitnes, tim peneliti dari University of Michigan menindaklanjuti beberapa laporan yang menyatakan bahwa beberapa orang yang mengenakan perhiasan emas sering merasa pusing, mual, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Bahkan beberapa penderita epilepsi dilaporkan mengalami kejang-kejang setelah melihat kilauan emas yang mereka lihat di toko perhiasan, seperti dilansir zeenews.

Para peneliti menemukan bahwa emas mengandung unsur atom yang bisa menembus kulit dan masuk ke dalam pembuluh darah. Jika persentase atom tersebut melebihi batas normal, maka bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti pusing, mual, hingga risiko terkena penyakit Alzheimer.

Peneliti juga tidak menganjurkan mengenakan cincin emas yang terlalu sempit, karena bisa mengganggu sirkulasi darah dan bisa memicu penyakit kardiovaskular dalam penggunaan jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement