Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Jurus Gaya Berbusana Kerja

Jumat 12 Jul 2013 09:04 WIB

Red: Endah Hapsari

Pilihan busana kerja

Pilihan busana kerja

Foto: stylecovered.com

REPUBLIKA.CO.ID, Dressing for image. Citra diri sedikit banyak tergambar dari busana yang kita kenakan. Karena itu, jangan main-main dengan busana Anda, terlebih jika Anda adalah wanita karier yang setiap hari harus berhubungan dengan banyak orang, termasuk relasi penting Anda. Sanggupkah Anda berbusana alakadarnya di hadapan mereka?

Karena itu, penting sekali untuk mengenakan busana kerja yang serasi, gaya, dan sedap dipandang mata. Bagaimana caranya? Simak sejumlah tips dari pengamat mode Aju Isni Karim, berikut ini:

 

1. Kenakan busana kantor dengan model sesimpel mungkin. Sekadar contoh, Anda bisa memadukan celana panjang atau rok dengan blazer. Untuk busana bagian dalamnya, ada beberapa pilihan. Bisa bodysuit berkancing supaya tidak berantakan, kemeja atau blouse, baik lengan pendek atau panjang.

2. Bosan pakai blazer? Gantilah dengan kemeja. Agar terlihat lebih chic, lengkapi kemeja dengan rompi warna serasi dipadukan dengan celana panjang atau rok. Tapi, di beberapa kantor tertentu, busana kerja yang dinamis seperti ini dirasa kurang pas. Namun, pada kantor yang memungkinkan karyawatinya mengenakan busana seperti ini, maka busana tersebut bisa dipermanis lagi dengan tambahan scarf.

3. Teliti ketika membeli busana kerja. Pastikan busana yang Anda beli bermutu baik. Hal ini dapat dilihat dari kualitas jahitan. Untuk kemeja, perhatikan secara seksama bagian kerah dan lengan. Untuk celana panjang, jangan pilih yang berbentuk pipa. Sebaiknya, pilih celana panjang model normal.

4. Untuk mempermudah Anda dalam memadu-padankan busana, upayakan memiliki busana dengan warna-warna dasar seperti putih, hitam, abu-abu, dan cokelat tanah. Warna marun pun bisa dikelompokkan dalam warna dasar ini, sehingga perlu Anda miliki. Satu contoh padu padan busana yang bisa Anda tiru adalah, blouse marun plus rompi abu-abu dipadu dengan celana cokelat warna gelap. Kelihaian memadu-padan busana sangat diperlukan, utamanya bagi Anda yang koleksi busananya tidak terlalu banyak.

5. Bagaimana dengan busana warna lembut? Ini juga mesti Anda miliki. Sebaliknya, hindari busana kerja dengan warna ngejreng atau meriah seperti kuning atau hijau. Warna-warna nan mencolok ini cuma pas untuk scarf dan aksesori lainnya.

6. Bagi penyuka paduan blazer dengan celana panjang atau rok, usahakan untuk mempermanisnya dengan tambahan aksesori. Sebut saja misalnya, bros, scarf, dan aksesori mungil lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA