Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Indonesia Pasar Besar Busana Muslim

Jumat 12 Apr 2013 20:05 WIB

Rep: Desy susilawati/ Red: Karta Raharja Ucu

Hijabers

Hijabers

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia adalah pasar besar busana Muslim.

Managing Director Hijup.com, Diajeng Lestari mengatakan, pasar jilbab Indonesia bisa terlihat sangat nyata. Sebab, dari 220 juta penduduk Indonesia, dimana 80 persennya beragama Islam, setengahnya adalah perempuan. Terlebih setengah dari jumlah Muslimah itu sadar memakai jilbab.

"Tahun 2020 sebanyak 80 juta kelas menengah baru akan muncul dan sekitar 17 jutanya adalah pemakai hijab kelas menengah," jelasnya disela acara talk live bertema 'Indonesia: The World Islamic Fashion Center' yang diselenggarakan Hijup.com di FX, Jakarta, Jumat (12/4).

Diajeng berpendapat, potensi tersebut harus digarap dan dimaksimalkan dengan baik, serta jangan disia-siakan. Selain besarnya pasar, Indonesia juga memiliki banyak perancang busana Muslimah. Sehingga kreativitas yang muncul juga banyak.

Bila dibandingnya dengan Singapura, Indonesia tidak memiliki banyak penyedia busana Muslimah. Namun, Indonesia lebih baik ketimbang Malaysia yang hanya memiliki sedikit kretivitas. Gaya Malaysia cenderung sama dan monoton.

Bahkan di Malaysia, ada batasan dalam membuat kreasi busana Muslimah yang ditetapkan pemerintahnya. "Indonesia berkah dari Allah, penduduk muslim banyak, kreativitas tidak dilarang. Jadi potensinya sangat besar," ujarnya menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA