Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Menkominfo: Apple Setuju Bangun R&D di Indonesia

Jumat 02 Dec 2016 15:32 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Logo Apple

Logo Apple

Foto: EPA/Shawn Thew

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Telekomunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut pihaknya sudah melakukan kesepakatan kerja sama dengan perusahaan rintisan Steve Jobs, Apple Inc. Kerja sama itu, kata dia, dalam bentuk pusat research and development (riset dan pengembangan) atau R&D.

"Kami sudah sign kerja sama dengan Apple, mereka setuju bangun R&D di sini dan siap merekrut orang-orang kita kerja sama mereka," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (2/12).

Ia mengatakan, hal terpenting pada dasarnya agar Indonesia bisa turut serta ambil bagian dalam investasi yang ditanamkan perusahaan yang berpusat di Silicon Valley, Amerika Serikat, tersebut. Sampai saat ini beberapa seri produk Apple termasuk Iphone 7 yang terbaru belum masuk ke Indonesia.

Padahal, pengguna iphone di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Kerja sama itu sekaligus diharapkan agar semua lini produk dan seri terbaru Apple bisa segera masuk ke pasar Indonesia.

Rudiantara mengatakan nantinya kesepakatan kerja sama itu akan meliputi bidang penelitian dan pengembangan serta di bidang industri. "Jadi kerja sama itu di bidang R&D, saya yang terjun langsung, kerja sama soal industri pekerjanya Menperin," tuturnya.

Ia menambahkan rencananya pihaknya akan mengundang Apple Inc ke Indonesia pada akhir Desember 2016. "Ya nanti biar orang Apple yang kasih tahu (nilai investasinya), clue-nya di atas Rp 100 miliar-lah," ucapnya.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA