Tim Panja BPIH 2019 Upayakan Tekan Ongkos Haji
Senin , 03 Dec 2018, 20:25 WIB

dpr
Anggota Komisi II DPR RI Ace Hasan Syadzily.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tim panitia kerja (panja) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019 dari Komisi VIII DPR RI mengundang pemerintah untuk berupaya menekan ongkos haji 2019. Selain itu, Komisi VIII DPR RI juga berencana mengundang Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menanyakan ketersediaan dana.

Baca Juga:

“Kita harap harganya efisien. Kalau terjadi kenaikan, jangan terlalu tinggi seperti yang diusulkan Kemenag (Kementerian Agama) sampai Rp 3 jutaan,” kata Ketua Tim Panja BPIH 2019 Ace Hasan Syadzily usai rapat dengar pendapat di Komisi VIII DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (3/12).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu mengatakan Tim Panja BPIH 2019 masih membahas dan mengkaji usulan pemerintah menaikkan ongkos haji sekitar Rp 3 juta. Karena itu, dia mengatakan tim tengah berupaya menekan kenaikan tersebut. “Kalau sebesar itu, menurut saya perlu dipertimbangkan, dikaji ulang,” ujar dia.

Ace menjelaskan rapat dengar pendapat dengan pemerintah itu berupaya meninjau berbagai komponen BPIH, seperti transportasi udara dan hal-hal yang tak perlu masuk dalam komponen haji. Politikus Partai Golkar itu mengatakan tim segera mengundang BPKH untuk melihat ketersediaan anggaran indirect cost (biaya tak langsung).

Tim akan membahas ihwal kemungkinan dana BPKH memenuhi gab tinggi akibat kenaikan BPIH yang diakibatkan depresiasi mata uang, komponen di Saudi. “Karena ini baru pembahasan awal, jadi kita akan terus mengkajinya,” kata dia.

Ace belum bisa memprediksi dari 27 komponen haji, sisi mana saja yang bisa ditekan. Sebab, dia menegaskan, saat ini masih dalam tahap pembahasan awal BPIH.

Dia mengatakan tim menargetkan pembahasan BPIH 2019 selesai pada awal Februari 2019. “Kita targetkan paling lambat awal Februari. Kalau kemarin kan Maret. Saya kebetulan kan ketua panjanya, jadi kita targetkan,” tutur Ace.

Tim Panja BPIH 2019 dari Komisi VIII DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Kemenag, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Hukum dan HAM. Rapat yang berlangsung sekitar dua jam itu digelar secara tertutup. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Tim Panja BPIH 2019 Ace Hasan Syadzily.

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Umi Nur Fadhilah

BERITA LAINNYA