Seluruh Embarkasi Telah Kirimkan Jamaah
Sabtu , 04 Aug 2018, 17:23 WIB

Republika/Fitriyan Zamzami
Tenaga pendukung PPIH Arab Saudi mengarahkan jamaah di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fitriyan Zamzami dari Jeddah, Arab Saudi

JEDDAH -- Seluruh 13 embarkasi pemberangkatan haji di Indonesia telah memberangkatkan jamaah ke Tanah Suci. Jamaah dari Embarkasi Aceh, yang paling akhir mulai mengirimkan kloter ke Tanah Suci.

Sebanyak 393 jamaah dari Kloter 01 Embarkasi Aceh tersebut tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, pada Sabtu (4/8), menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-2101. Mereka mendarat pukul 09.45 dan keluar dari Gerbang B. Kloter itu terdiri dari 155 jamaah laki-laki dan 238 perempuan.

“Dengan begitu seluruh embarkasi dari Indonesia telah mengirimkan jamaah,” kata Kasi MCH Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Abdul Basir di Jeddah, Sabtu (4/8)

Dengan kedatangan dari Aceh tersebut, hingga Sabtu (4/8) persentase kedatangan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi mencapai 59 persen. Dari 511 kloter yang dijadwalkan berangkat dari Indonesia telah mendarat 308 kloter. Sisanya masih akan diberangkatkan sampai dengan 15 Agustus mendatang.

Beberapa embarkasi juga sudah hampir menuntaskan pemberangkatan ke Tanah Suci. Embarkasi Padang (PDG), misalnya, tinggal menyisakan satu kloter dari 17 yang rencananya diberangkatkan. Demikian juga dengan Embarkasi Lombok (LOP) yang menyisakan satu kloter dari 11 kloter.

Sementara yang terbanyak telah mengirimkan kloter adalah Embarkasi Solo (SOC) yang telah tiba 59 kloter dari 95 kloter. Menyusul Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) yang telah tiba 56 kloter dari 96 kloter.

Selanjutnya, Embarkasi Surabaya (SUB) telah tiba 50 kloter dari 83 kloter. Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah tiba 40 kloter dari 63 kloter.

Sementara Embarkasi Makassar (UPG) telah tiba 21 kloter dari 35 kloter, Embarkasi Batam tiba 15 kloter dari 27 kloter, Embarkasi Medan (MES) tiba 12 kloter dari 22 kloter, Embarkasi Palembang (PLM) tiba 12 kloter dari 19 kloter, Embarkasi Banjarmasin (BDJ) tiba 10 kloter dari 18 kloter, Embarkasi Balikpapan (BPN) tiba 6 kloter dari 13 kloter, dan Embarkasi Aceh (BTJ), telah tiba 1 kloter dari 12 kloter.

Sedangkan data jamaah wafat merujuk pendataan Siskohat PHU Kemenag telah mencapai 28 orang. Terdiri dari delapan jamaah asal SOC, tujuh jamaah asal JKS, serta masing-masing tiga jamaah dari SUB-JKG-UPG. Selain itu, dua jamaah dari Embarkasi Palembang, dan masing-masing seorang dari Embarkasi Banjarmasin dan Medan.

Baca juga: Berhaji di Usia Muda

Redaktur : Ani Nursalikah

BERITA LAINNYA