Ribuan Calhaj Embarkasi Batam Masih di Madinah
Kamis , 02 Agu 2018, 19:15 WIB

Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah haji Indonesia bersiap-siap menuju bus di Madinah.

IHRAM.CO.ID, BATAM -- Sekitar 2.250 calon haji (Calhaj) Embarkasi Hang Nadim Batam yang terbagi dalam lima kelompok terbang hingga kini masih berada di Madinah dan bersiap berangkat ke Makkah. "Dari 10 kloter yang tergabung dalam gelombang satu fase pemberangkatan haji menuju Madinah, sebanyak lima kloter yang telah berada di Makkah. Sementara masih menyisakan lima kloter lagi yang berada di Madinah Al Munawarah, pada Kamis (2/8) ini," kata Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (2/8).

Kelompok terbang yang sudah berada di Makkah yaitu kloter 1 hingga 5. Dan yang masih berada di Madinah yaitu Kloter 6 hingga 10.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari Ketua Kloter, Agus Saputra Amir, Kloter 6 kini tengah bersiap menuju Makkah. "Tadi malam petugas Kloter 6 bersama muassasah melakukan pengecekan paspor JCH menjelang keberangkatan ke Makkah pada Jumat (10/8) ba'da Subuh," kata dia.

Kloter 6 merupakan JCH dari Provinsi Riau dengan jumlah 447 orang yang terdiri atas 395 calon haji Kampar, 45 calon haji Pekanbaru, dua orang calon haji Indragiri Hulu dan lima orang petugas Kloter. Selama berada di Madinah, JCH Kloter 6 ditempatkan di hotel Multaqo Tower 1 dengan nomor rumah 421 Sektor 4 dengan jarak lebih kurang 235 meter ke Masjid Nabawi. "Seluruh jamaah dalam keadaan sehat dan masih melaksanakan shalat Arbain serta melakukan ziarah di Kota Madinah," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 7, Mas Jeki, mengatakan seluruh jamaah dalam kondisi relatif sehat. Beberapa jamaah Kloter 7 mengalami flu dan batuk serta beberapa jamaah mengalami kaki melepuh akibat tidak memakai alas kaki di luar ruangan, mengingat suhu panas dengan rata-rata diatas 37 derajat celcius.

"Kloter 7 tiba di Madinah pada Kamis (26/7) pukul 14.30 WAS, di mana pelaksanaan Arbain dimulai bada Isya dan berakhir Mahgrib, Jumat (3/8). Sesuai dengan rencananya Kloter 7 akan diberangkatkan menuju Makkah, Sabtu (4/8) esok," kata dia. 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Sumber : Antara

BERITA LAINNYA