Jamaah Haji Kalteng Dibagi Dalam Enam Kloter
Jumat , 15 June 2018, 05:03 WIB

Republika/Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia mengunjungi kebun kurma milik keluarga Badui, Muhammad Hasan Ar-Raddadi di Madinah, Arab Saudi, Selasa (26/9).

IHRAM.CO.ID, PALANGKA RAYA - Sebanyak 1.633 jamaah haji asal Provinsi Kalimantan Tengah akan dibagi menjadi enam kelompok terbang (kloter) pada proses pemberangkatan haji 2018. Meski demikian sampai kini belum bisa diketahui secara pasti mengenai waktu dan jam pemberangkatan karena masih menunggu jadwal resmi dari Kemenag.

"Tahun ini ada 1.633 jamaah haji kita yang akan dibagi dalam enam kloter yang mana pemberangkatannya masuk pada gelombang dua. Kloter tersebut yakni kloter delapan, 10, 11, 12, 13 dan kloter 14," kata Kepala Kakanwil Kemenag Kalteng, Masrawan melalui Kasi Pendaftaran Haji dan Umroh, Kemenag Kalteng, Suwarso di Palangka Raya, (5/6).

Berdasarkan data, kloter delapan adalah jamaah haji asal Kabupaten Barito Selatan sebanyak 120 orang, dari Kabupaten Sukamara 28 orang, Gunung Mas lima orang dan Kabupaten Barito Timur 161 orang didampingi tiga petugas tim pemandu haji daerah (TPHD).

Selanjutnya pada kloter 10 berasal daril Kabupaten Barito Utara 169 orang, Kotawaringin Barat 137orang, dan Kabupaten Lamandau 11 orang didampingi satu petugas TPHD.

Pada kloter 11 akan diisi jamaah dari Kabupaten Kotawaringin Timur 216 orang, Katingan 51 orang, dan Kabupaten Pulang Pisau 52 orang, serta satu petugas TPDH.

Untuk kloter 12 seluruh jamaahnya berasal dari Kabupaten Kapuas sebanyak 319 yang sekaligus kabupaten ini menjadi jamaah haji terbanyak dari wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Kloter ini juga didampingi satu TPDH.

Kemudian kloter 13 diisi jamaah Kabupaten Kapuas 16 orang serta satu petugas TPDH. Jamaah di kloter ini direncanakan akan bergabung dengan jamaah hajilain dari luar Kalteng.

Terakhir ialah kloter 14. Kloter ini akan diisi jamaah dari Kota Palangka Raya sebanyak 226 orang, Kabupaten Seruyan 13 orang, Kabupaten Murung Raya, 74 orang serta satu TPHD.

"Pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji asal Kalimantan Tengah telah dilaksanakan. Proses saat ini dalam tahap penyiapan paspor. Para calon jamaah agar diharapkan mulai mempersiapkan diri mengingat untuk menjalankan ibadah yang memerlukan kekuatan fisik cukup banyak," kata Suwarso.***4***

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : antara