India Kenalkan Aplikasi Ponsel untuk Jamaah Haji Tahun Depan
Senin , 14 Nov 2016, 10:36 WIB

Republika/ Amin Madani
Ibadah haji di Tanah Suci

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Misi Haji India saat ini sedang mengembangkan sebuah aplikasi ponsel yang akan terintegrasi dengan ponsel jamaah haji tahun depan. Aplikasi ini memiliki fitur informais yang dibutuhkan jamaah haji termasuk operator haji swasta dan jamaah haji domestik Arab Saudi.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (14/11) Konjen India di Jeddah Mohammed Noor Rahman Sheikh mengatakan tugas pertama misi haji India sejak terbentuk 2014 lalu di Saudi adalah membuat aplikasi inovatif yang menggunakan GPS saat pelaksanaan haji.

Mohammed Noor Rahman Sheikh mengatakan aplikasi ini dilengkapi dengan info lokasi akomodasi sehingga memudahkan jamaah. Aplikasi ini bernama Sistem Informasji haji India. Aplikasi nantinya akan terintegrasi dengan komite haji di India.

"Kami memiliki ambisi untuk mengintegrasikan sistem IT dengan sistem manajemen keluhan melalui online, whatsapp, twiter, nomor bebas pulsa dan email. Sistem ini akan terintegrasi," ungkap Noor menjelaskan.

Pihaknya akan mengumpulkan data jamaah haji dan petugas haji dan menghubungkannya dengan server yang ada di kantor konsulat dan komite haji. Saat ini aplikasi tersebut baru diunduh 55 ribu pengguna.

PIhaknya menargetkan musim haji tahun depan akan meningkat 10 kali lipat.Selain aplikasi, Sheikh mengatakan India juga akan membuat gelang elektronik bagi jamaah haji. Meskipun rencana ini telah berjalan sejak tahun lalu, tetapi gelang tersebut belum dapat digunakan tahun ini.

Redaktur : Damanhuri Zuhri
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti

BERITA LAINNYA