Kemenag Sulawesi Tenggara Pastikan 1.331 Calon Jamaah Haji Sehat
Kamis , 08 September 2016, 06:46 WIB

Antara/Nyoman Budhiana
calon jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), memastikan 1.331 jamaah calon haji (JCH) asal provinsi itu yang sudah berada di Arab Saudi dalam kondisi sehat dan siap mengikuti puncak ibadah haji di Arafah.

"Saya baru saja menerima informasi dari Madinah, seluruh jamaah dalam keadaan sehat," ungkap Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, Mohamad Ali Irfan, di Kendari, Rabu (7/9).

Menurut Ali, kalau pun ada jamaah yang sakit itu bersifat ringan dan sebagian lainnya karena sakit bawaaan. "Untuk yang sakit bawaan dan jamaah yang berusia lanjut tetap mendapat pendampingan dari petugas kesehatan," katanya menerangkan.

Lebih lanjut Ali Irfan mengungkapkan, calon jamaah haji asal Sulawesi tenggara masih berada di Madinah dan tidak lama lagi para calon jamaah haji akan meninggalkan Madinah menuju Mekah untuk persiapan Wukuf.

"Kami meminta para petugas atau pendamping haji agar mengarahkan para calon jamaah haji mempersiapkan dan menjaga kondisi fisiknya, terlebih proses ibadah haji juga memerlukan kondisi badan yang sehat," katanya.

Yang harus dilakukan para calon jamaah haji saat ini, kata Ali Irfan, adalah mengurangi kegiatan yang tidak perlu serta memperbanyak minum air putih dan vitamin serta mengonsumsi makanan bergizi.

Ali Irfan menjelaskan, para calon jamaah haji asal SUlawesi Tenggara tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni Kloter 19 UPG Makassar, kloter 20 UPG dan kloter 21 UPG.

a

Redaktur : Damanhuri Zuhri
Sumber : antara