Jumat 05 May 2017 14:19 WIB

Selain Tekanan Darah, Kenali Gejala Hipertensi Berikut Ini

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi
Foto: Blogspot
Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengetahui apakah Anda alami hipertensi atau tidak, salah satu cara paling akurat adalah dengan mengecek tekanan darah. Selain itu ada sejumlah gejala yang bisa menjadi acuan Anda.

Dr Siska Suridanda Danny dari Yayasan Jantung Indonesia mengatakan beberapa gejala seperti sakit kepala hebat, rasa lelah berkepanjangan, gangguan penglihatan, sesak nafas, nyeri dada, dan jantung berdebar-debar.

Dokter Siska menyebutkan ada lima langkah untuk jantung sehat yaitu seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi stres, awasi tekanan darah dan teratur olahraga.

Senada, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal, mengatakan, hipertensi adalah salah satu penyakit yang diam-diam membunuh (silent killer) di dunia, termasuk di Indonesia. Penyakit minim gejala ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi sehingga masyarakat perlu menyadari bahaya penyakit hipertensi dan cara mencegahnya, seperti memantau tekanan darah secara rutin di rumah sakit atau dilakukan sendiri di rumah.

"Kami selalu menganjurkan masyarakat menerapkan Panca Usaha Jantung Sehat, yaitu Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan Atasi Stres, Awasi Tekanan Darah, dan Teratur Berolahraga," tambahnya dalam konferensi pers peringatan hari hipertensi sedunia 2017 di Sekretariat Yayasan Jantung Indonesia, Rabu (3/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement