Rabu 13 Aug 2014 11:03 WIB

Ini Pernak-Pernik Kemerdekaan yang Diburu Masyarakat

Penjahit menyelesaikan pesanan bendera merah putih di Blok V Pasar Senen, Jakarta
Foto: Republika/Yasin Habibi
Penjahit menyelesaikan pesanan bendera merah putih di Blok V Pasar Senen, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, RAHA -- Pedagang musiman yang menjual bendera dan barang pernak-pernik Kemerdekaan Indonesia meramaikan kawasan Alun-alun Kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam beberapa hari menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-69 Republik Indonesia, 17 Agustus 2014.

Dari pantauan di Raha, Rabu (13/8), para pedagang memajangkan bendera di pelataran Alun-alun Kota Raha dengan menjual berbagai jenis atribut kemerdekaan seperti bendera, umbul-umbul dan pernak pernik kemerdekaan lainya dengan nuansa warna merah putih.Salah seorang pedagan bendera di lokasi tersebut, Yudi (31) mengaku mulai berjulan bendera dan pernak pernik kemerdekaan RI itu, sejak tiga hari terakhir.

"Sejak saya membuka lapak berjualan di sini, pembeli yang datang berbelanja bukan hanya masyarakat dalam kota, melainkan juga dari luar Kota Raha," kata Yudi.

Menurut dia, masyarakat yang datang membeli umumnya barang pernak pernik seperti bendera umbul-umbul merah putih."Saya membeli produk pernak-pernik kemerdekaan RI ini dari Makassar, Sulawesi Selatan," katanya.Ia menyebut harga barang tersebut ditawarkan kepada pembeli bervariasi mulai harga terendah sebesar Rp10.000 seperti barang gantungan kunci hingga Rp100.000 seperti bendera umbul-umbul.

"Allhamdulilah, setiap hari saya memperoleh pendapatan antara Rp150.000 sampai Rp200.000," katanya.

Sementara itu pedagang bendera lainnya juga memadati kawasan Sarana Olah Raga (SOR) Raha.Salah seorang pedagang di SOR, Mukmin mengatakan, keuntungan yag diperoleh selama menjajakan barang pernak-pernik dan bendera tersebut cukup memuasakan.Menurut dia, para pembeli umumnya sangat menyukai bendera bergambar mantan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno dan beberapa bendera lain bergambar garuda.

"Para pembeli, baik yang datang dari luar kota maupun di dalam kota Raha, dan mereka umunya menyukai dan membeli bendara bergambar Presiden Soekarno " katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement