Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Tips Terbebas dari Ketagihan Instagram

Jumat 10 Mei 2019 06:26 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih

Instagram

Instagram

Foto: EPA
Daya tarik Instagram membuat sebagian penggunanya masuk tahap ketagihan

REPUBLIKA.CO.ID, HAMILTON — Instagram menjadi media sosial (medos) yang menyajikan berbagai postingan menarik. Di Instagram kita akan mendapati foto, video, meme, dan aneka ragam toko daring. Daya tarik Instagram kadang membuat sebagian penggunanya masuk pada tahap ketagihan.

Saat bangun di pagi hari, hal yang pertama dibuka adalah Instagram. Sebelum tidur, platform ini pun dipilih menjadi penutup hari. Hal serupa bahkan juga dialami oleh Kendall Jenner.

Kecanduan Instagram nampaknya terdengar seperti sebuah persoalan sederhana. Tetapi sejumlah studi saat ini tengah mencoba mencari kaitan antara kecanduan IG dengan kesehatan mental dan depresi. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat lepas dari kecanduan Instagram? Dilansir Flare, berikut sejumlah tips untuk mengatasinya.

Pertama, letakan ponsel di tempat yang agak jauh atau di ruangan yang berbeda. Psikoterapis Toronto, Nicole McCance, mengatakan cara ini adalah salah satu cara yang paling efektif. Terlebih, saat pasangan mulai mengeluhkan ketergantungan tersebut.

“Hal pertama yang saya katakan kepada klien adalah mereka harus mencoba meletakkan telepon mereka di ruangan yang berbeda pada waktu tertentu,” kata Nicole.

Saat seseorang sedang mencoba untuk berbicara dengan orang lain dan orang itu ada di sambil bermain gawai, maka hal itu dapat memicu kekecewaan. Selain itu, ia juga menyarankan untuk menghapus aplikasi yang dinilai adiktif.

Menurut Nicole cara tersebut diperlukan untuk memutus siklus. Dengan demikian otak dapat melakukan pengembangan pola baru.

Kedua, cari kesibukan lain. Cara ini dinilai cukup optimal dalam mengisi kegiatan lain saat sebagian orang sedang sibuk aktif di dunia maya. Beberapa kegiatan yang saat ini sedang digemari antara lain mewarnai, jamming, atau permainan lainya seperti uno atau bermain kartu.

Selain itu, mencari teman yang nyata pun dinilai cukup ampuh dalam melakukan detoks medsos. Dengan teman tersebut, maka seseorang dapat melupakan medsos karena sibuk di pusat kebugaran, nonton, atau hanya sekadar makan bersama.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA