Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Cara Pangeran Charles Ajarkan Putranya Cintai Lingkungan

Kamis 08 Nov 2018 16:37 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Pangeran Charles (kiri), Pangeran William (tengah), dan Pangeran Harry (kanan).

Pangeran Charles (kiri), Pangeran William (tengah), dan Pangeran Harry (kanan).

Foto: EPA
Ketika liburan Charles mengajak Harry dan William memungut sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran William dan Pangeran Harry tentu saja mendapatkan berbagai pendidikan sebagai bekal meneruskan tahta kerajaan Britania Raya. Namun, mereka mengaku kerap juga belajar secara tidak langsung dari sang ayah, Pangeran Charles.

Baca Juga

Melihat sang Ayah begitu mencintai alam, mereka berdua menjadi terinspirasi. Sang ayah diakui memiliki gairah besar melestarikan alam, termasuk rajin memungut sampah.

Pangeran Harry dan Pangeran William mengungkapkan tentang bagaimana ayah mereka menanamkan rasa hormat terhadap alam sejak dini. Ini diungkapkan dalam sebuah video, berjudul Pangeran, Putra, dan Pewaris: Charles di usia 70. Video itu merupakan sebuah film dokumenter yang ditayangkan bulan ini di BBC menjelang ulang tahun Charles yang ke 70.

“Dia mengajak kami membuang sampah ketika kami masih muda, sedang berlibur. Kami berada di Norfolk pada liburan sekolah,” kata William, menurut laporan The Telegraph.

“Kami pikir ini adalah hal yang normal, semua orang harus melakukannya. Kami ada di sana dengan memasukkan sampah ke kantong plastik hitam,” lanjut pangeran berusia 36 tahun itu,

Pangeran Harry tak kalah memuji sang ayah. Menurut dia, prinsip yang dipegang sang ayah tentu luar biasa.

“Dia melakukan pekerjaan luar biasa. Tanpa memberi tahu kami apa yang seharusnya kami lakukan atau arah yang harus kami masuki, dia hanya membiarkan kami belajar dari sifat pekerjaan, belajar darinya," tambah Harry.

Harry menambahkan, memungut sampah, melestarikan lingkungan adalah hal yang sebaiknya dilakukan setiap manusia. Bahkan, kebiasaan ini harus selalu ditanamkan di manapun kita berada.

"Ketika Anda berjalan-jalan di mana saja dan Anda melihat sesuatu dan menonjol, Anda mengambilnya. Dan sebelum Anda tahu itu seseorang seperti, 'Apa yang kamu lakukan? Di mana Anda akan meletakkannya? 'Ini seperti, wah, saya benar-benar melakukan ini karena saya diprogram untuk melakukannya karena ayah saya yang melakukannya. Kita semua harus melakukannya,” tutur pangeran berusia 34 tahun itu.

Charles juga sudah melibatkan cucu-cucunya, termasuk Pangeran George, anak pertama Pangeran William untuk belajar mencintai alam. Berbicara dari arboretumnya di rumah Skotlandia Birkhall untuk film dokumenter, Charles memberi isyarat kepada puluhan pohon yang ditanam ketika kerajaan lahir lima tahun lalu, dan mengatakan, "ini adalah kayu George."

“Ketika saya semakin tua, yang saya inginkan adalah menanam pohon. Saya berharap ini akan sangat menyenangkan bagi George, saat mereka tumbuh dewasa, dan dia tumbuh besar," kata Charles.

Istri Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, juga muncul dalam film dokumenter tersebut. Dia menyebutkan jika sebuah pohon boleh tampak kecil saat baru ditanam, namun manusia bisa terlihat sangat kecil dibandingkan dengan pohon yang sudah menjadi besar, dilansir dari laman People, Kamis (8/11).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA