Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Perpaduan Modern dan Antik di Ballroom Baru Sultan

Senin 13 Aug 2018 16:15 WIB

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari

Golden Ballroom Hotel Sultan.

Golden Ballroom Hotel Sultan.

Foto: dok Hotel Sultan
Kuning muda cerah menjadi warna utama ballroom yang dulu bernuansa cokelat keemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Ibu Kota Jakarta ada beberapa tempat yang cukup legendaris di masanya sebagai tempat dihelatnya pesta besar hingga acara negara. Salah satunya adalah Golden Ballroom Hotel Sultan di kawasan Senayan.

Setelah ditutup selama beberapa waktu untuk renovasi, ballroom tersebut dibuka kembali. Ballroom yang dulunya memiliki nuansa antik, kini berubah menjadi ballroom bernuansa modern yang dipadukan dengan dekorasi antik.

Golden Ballroom yang dulunya memiliki tampilan lawas, kini lebih terlihat berestetika modern dengan balutan cat berwarna kuning muda cerah. Selain itu, terdapat juga beberapa lampu pendar berbentuk persegi kotak yang menerangi ballroom sehingga terlihat segar dan baru.

Apabila sedang mengunjungi Golden Ballroom, ketika memasuki pintu utama yang dapat diakses melalui Jalan Gatot Subroto mata akan disambut dengan taman berbentuk lingkaran yang terletak tepat di depan gedung. Tampak depan gedung Golden Ballroom akan terlihat seperti bulan sabit ketika dilihat dari samping.

Setelah memasuki gedung, terlihat lobi berdesain minimalis. Selain itu, di lobi ini juga terdapat beberapa dekorasi. Salah satunya yakni sebuah guci besar yang terletak dekat dengan ruang Asean 1 di sisi kiri lobi.

Marketing Communications Manager The Sultan, India Puliraja, menerangkan Golden Ballroom memiliki ukuran kurang lebih 1.600 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, ruangan dapat menampung kurang lebih sampai 2.500 orang.

"Sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat acara pernikahan. Selain itu, lapangan untuk memarkirkan kendaraan pribadi juga disesuaikan dengan perkiraan jumlah maksimal orang-orang yang dapat ditampung dalam Ballroom, yakni lapangan parkir yang disediakan untuk kurang lebih 2 ribu mobil," katanya, beberapa waktu lalu dalam media tour.

Tatanan Golden Ballroom yang sudah memadukan unsur modern dan antik ini tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat pernikahan, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat rapat. Dengan ukuran Golden Ballroom, ruangan tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Dari ketiga bagian tersebut, Ballroom 2 memiliki ukuran terbesar yakni 674 meter persegi dan terletak di tengah-tengah Ballroom 1 dan Ballroom 3 yang masing-masing berukuran 450 meter persegi dan 562 meter persegi.

Apabila ruangan-ruangan Ballroom dirasa masih terlalu besar untuk diadakan rapat atau hanya sekadar perkumpulan sosial, maka dapat menggunakan salah satu dari tujuh Breakout Rooms yang disediakan oleh Hotel Sultan. Breakout Rooms yang dinamakan Asean ini semuanya terletak di sisi kiri lobi Golden Ballroom.

Tampilan baru Ballroom Hotel Sultan memberi kesan modern, namun menyelipkan unsur antik di sejumlah sudut. Selain itu, seluruh sudut di Golden Ballroom tergolong Instagrammable. Cocok bagi mereka yang suka berfoto.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA