Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Tommy Hilfiger Luncurkan Koleksi Pakaian Pintar

Rabu 01 Agustus 2018 10:33 WIB

Rep: Nora Azizah/Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Perancang busana asal Amerika, Tommy Hilfiger.

Perancang busana asal Amerika, Tommy Hilfiger.

Foto: EPA
Chip dalam pakaian bisa menghitung berapa kali pakaian digunakan untuk ditukar poin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perangkat elektronik pintar seperti ponsel pintar atau robot pintar sudah sering kita dengar. Kini terobosan baru kembali muncul dengan lahirnya pakaian pintar. Ya, pakaian pintar tersebut mampu berinteraksi dengan penggunanya bahkan memberikan tantangan untuk memperoleh hadiah tertentu.

Label ternama Tommy Hilfiger membuat terobosan baru di dunia mode dengan meluncurkan pakaian pintar. Dilansir dari TechCrunch, Tommy Hilfiger resmi meluncurkan baju pintar, Senin (30/6), untuk pakaian pria dan wanita.

Label busana cerdas bernama Tommy Jeans Xplore tersebut ditanam sebuah chip pintar. Namun tidak seperti Project Jacquard milik Google bersama Levi's, baju Hilfiger jauh berbeda. Bila Jacquard sengaja didesain untuk bisa menerima panggilan telepon atau memutar musik, Tommy Jeans Xplore sengaja dirancang untuk memberikan poin bagi pelanggan.

Chip pintar tersebut kemudian bisa terkoneksi dengan perangkat iOS melalui jaringan bluetooth. Chip buatan Awear Solution itu terhubung dengan aplikasi Tommy Jeans Xplore. Dilansir dari WWD, chip tersebut dapat menghitung berapa kali pakaian digunakan. Setiap kali dikenakan, pengguna akan memperoleh poin. Poin yang terkumpul nantinya bisa ditukar dengan bermacam-macam hadiah seperti tiket konser hingga produk-produk dari Tommy Hilfiger.

Baca juga: Mengapa Petenis Wimbledon Harus Berpakaian Putih?

Poin juga bisa didapatkan dengan melakukan permainan mengumpulkan ikon. Tommy Hilfiger akan meletakkan ikon-ikon berbentuk hati dalam peta virtual. Pengguna yang mengikuti peta tersebut dan mendapatkan ikon bakal diganjar dengan poin tambahan.

"Kami selalu berusaha melakukan inovasi digital. Tommy Jeans Xplore adalah evolusi selanjutnya dari visi kami, menjangkau konsumen di manapun mereka berada dan mengundangnya menjadi bagian dari brand experience," ucap Tommy Hilfiger. Dengan terobosan ini ia berharap keterikatan antara produk dengan penggunanya semakin meningkat.

Koleksi Tommy Jeans Xplore terdiri atas 23 jenis untuk pria, wanita, dan aksesori unisex. Untuk pria tersedia hoodie, sweater, kaos, serta celana dan jaket denim. Untuk wanita ada hoodie, sweater, kaos, celana, serta rok dan jaket denim.

Sedangkan untuk aksesori, Tommy membenamkan chip pada tas punggung, tas selempang, dan topi. Busana-busana pintar itu dibanderol mulai harga 29 dolar AS atau setara Rp 400 ribuan hingga 139 dolar AS atau Rp 2 jutaan. Sayangnya, koleksi busana pintar tersebut hanya dijual untuk pasar Amerika Serikat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES