Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Tip Cerdas Saat Musim Belanja

Selasa 12 Juni 2018 08:28 WIB

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Yudha Manggala P Putra

Belanja Online. Ilustrasi

Belanja Online. Ilustrasi

Foto: USAToday
Cara menyikapi berbagai promo dan diskon yang ditawarkan pada musim belanja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja untuk menyambut hari raya merupakan hal yang menyenangkan dan telah membudaya di Indonesia. Berbagai promo dan penawaran diskon yang menarik pastinya membuat Anda makin ingin berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Namun, biasanya makin banyak yang ingin Anda beli, dapat membuat Anda makin bingung. Simak beberapa tip dari Mastercard berikut agar Anda dapat menjadi pembeli cerdas saat berbelanja:

1. Tentukan anggaran barang dan toko tujuan sebelum Anda pergi berbelanja.

 Selain lebih mudah dan efektif, hal ini akan sangat berguna untuk membantu Anda tetap pada rencana awal. Lihatlah catatan transaksi Anda sebelumnya dan buat rencana belanja dengan baik.

2. Proaktif

Diskon dan penawaran menarik selalu ada. Oleh karena itu, lakukan riset secara online untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang, kemudian susun jadwal belanja Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk produk yang ingin Anda dapatkan.

Toko online sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal dari toko offline sehingga Anda dapat membeli barang dengan harga lebih murah tanpa harus keluar rumah.

Akan tetapi, sebelum berbelanja secara online, pastikan Anda menggunakan jaringan koneksi internet yang aman. Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs web pada browser Anda. Ikon ini melambangkan bahwa browser Anda aman.

3. Jaga keamanan kartu Anda

Apabila Anda menemukan penawaran menarik saat berada di luar rumah atau dalam perjalanan, pastikan Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi pribadi ketika melakukan pembayaran, baik melalui ponsel maupun laptop. Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

4. Tetap waspada setiap saat

Pembeli yang cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisasi penipuan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi hal tersebut jika terjadi.

Perhatikan saran atau informasi keamanan terbaru dan pastikan kontak bank Anda selalu dalam genggaman sehingga Anda dapat langsung menghubungi bank tersebut jika menghadapi sebuah masalah. Dengan demikian, Anda dapat berbelanja dengan aman dan nyaman.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES