Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Wanita Hadapi Usia 40 Tahun, Siapa Takut!

Kamis 07 Juni 2018 06:20 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Persiapkan diri menjelang menopause/ilustrasi

Persiapkan diri menjelang menopause/ilustrasi

Foto: yorkshiretimes.co.uk
Hannie Kusuma dan Rosdiana Setyaningrum luncurkan buku '40 is the New 20'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak jarang wanita merasa ketakutan jelang menginjak usia kepala empat alias 40-an. Banyak wanita bisa merasa khawatir, kerap sedih atau bahkan ketakutan menghadapi usia kepala empat.

Para wanita merasa sudah tidak muda lagi dan cenderung mengalami penurunan kepercayaan diri. Hannie Kusuma, mantan jurnalis dan Rosdiana Setyaningrum, seorang psikolog mengajak wanita tidak perlu takut menghadapi usia kepala empat.

Keduanya meluncurkan buku '40 is the New 20' yang hadir untuk berbagi motivasi positif lewat rangkaian cerita, pengalaman, serta pemahaman kepada pembaca. Pemahaman yang dimaksud adalah entang bagaimana menghadapi kekhawatiran, bahkan perubahan yang jamak terjadi di umur empat puluhan.

Melalui cerita-cerita tersebut, buku ini menarik untuk dapat dijadikan acuan bagaimana tetap menjadi muda dalam usia yang bisa dikatakan tidak muda lagi.

Kami ingin menulis buku yang dapat membantu pembaca memahami bagaimana hidup sebagai wanita di usia 40-an," kata Hannie.

Menurut Hannie, perubahan bukanlah sesuatu yang negatif atau perlu ditakuti. Namun perlu disikapi dengan wawasan yang tepat, terbuka, dan setiap pribadi dapat mengadopsinya dengan baik.

"Buku ini relevan dan bisa membuat wanita-wanita senang, karena mereka tidak sendirian menghadapi umur 40. Singkatnya, kata Hannie, buku ini dapat menjadi teman," katanya.

Melalui buku ini, penulis ingin berbagi, dengan harapan dapat meringankan anxiety dari ribuan pertanyaan serta kekhawatiran yang keluar dari wanita pada usia ini.

Lewat dua persoalan hidup yang berbeda dari para penulis, Hannie yang juga single mom, maupun Diana yang memiliki segudang aktivitas, keduanya berhasil menghadapi usia 40 dan tetap merasa berusia 20. Mereka mengajarkan bagaimana tetap menjadi muda secara psikis dengan menjadi diri sendiri dan berbahagia di mana pun berada.

Mereka tak hanya berbagi kiat atau tips secara keilmuan dalam berbagai sudut pandang, namun Hannie dan Diana juga tak segan menengok kehidupan pribadi mereka. Berbagai menarik hal inilah yang membuat buku ini dapat menjadi panduan bagi wanita-wanita Indonesia.

Pada setiap babnya Hannie dan Diana berbagi pengalaman hidup tentang bagaimana menghadapi usia yang oleh sebagian orang dianggap menakutkan. Padahal menurut keduanya, selalu ada yang menarik dalam memahami perubahan di usia 40 ke atas.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES