Monday, 21 Syawwal 1440 / 24 June 2019

Monday, 21 Syawwal 1440 / 24 June 2019

Kata Kunci Promo Paling Banyak Dicari Jelang Ramadhan

Jumat 04 May 2018 12:22 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Google.

Google.

Foto: EPA
Kebutuhan Muslim saat Ramadhan tak berkurang meski berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Promo produk atau jasa ternyata hal yang paling dicari seseorang menjelang hingga Ramadhan tiba. Kenaikan pencarian promosi menurut Industry Analyst Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho, mencapai 40 persen dibandingkan bulan-bulan lainnya.

"Belanja di Ramadhan pun banyak cari promosi. Kata kunci ini naik sepekan sebelum Ramadhan dan kenaikan paling besar tiga pekan pas Ramadhan," kata Yudistira, Kamis (3/5).

Alasan meningkatnya pencarian promo di bulan Ramadhan didorong dari pengeluaran yang lebih besar dibandingkan bulan-bulan biasanya. Yudistira menjelaskan, dari koresponden yang sempat ditanya, pengeluaran besar karena dorongan konsumsi yang berbeda dari hari biasanya.

Meski saat Ramadhan umat Muslim harus menjalankan ibadah puasa, namun kebutuhan tidak berkurang. Justru beberapa semakin bertambah karena harus ada tambahan seperti pengeluaran takjil dan buka bersama.

Sedangkan lima pencarian promosi paling tinggi merupakan ritel dan bahan makanan, travel, gawai dan telekomunikasi, e-commerce, dan kartu kredit. Ritel dan bahan makan merupakan yang paling banyak dicari promosinya, sebab konsumsi makanan serta kebutuhan pakaian dan keseharian tetap berjalan bahkan bisa lebih meningkat.

Yudistira menekankan, hal yang menarik terhadap pola belanja dipengaruhi pemberian Tunjangan Hari Raya. Saat awal Ramadhan, promosi akan lebih banyak dicari untuk kebutuhan e-commerce, makanan, dan ritel. Sedangkan setelah pembagian THR sekitar pekan ketiga, orang-orang baru membeli gawai dan perlengkapan elektronik baru.

Kebiasaan itu pun diakui oleh VP of Marketing Bukalapak Bayu Syerli Rachmat. Sepekan sebelum Ramadhan, penjualan makanan cepat saji dan perlengkapan ibadah akan banyak dicari pembeli.

Baru ketika menjelang Lebaran, perangkat elektronik seperti kulkas dan mesin cuci banyak dicari dan dibeli. Hal ini didorong karena alasaan karena ditinggal mudik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA