Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Kiat-Kiat Menjadi Seorang Booktuber

Senin 23 April 2018 11:22 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Booktuber dari Smoglit Reviews.

Booktuber dari Smoglit Reviews.

Foto: smoglitreviews.com
Booktuber adalah pengguna Youtube yang fokus menyajikan konten video seputar buku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Booktuber adalah istilah yang belakangan populer digunakan untuk menyebut pengguna Youtube yang fokus menyajikan konten video seputar buku. Di Indonesia sendiri sudah terdapat puluhan booktuber yang sebagian besar tergabung dalam komunitas bernama Booktube Indonesia.

Untuk menjadi seorang booktuber tidaklah sulit. Salah satu modal utama, tentu saja, Anda memiliki kecintaan atau hobi membaca buku. Lalu apa saja hal lain yang bisa dilakukan?

Berikut sejumlah kiat memulai menjadi booktuber yang dibagi para anggota Booktube Indonesia kepada Republika.co.id di Jakarta belum lama ini.

Langkah pertama yang perlu dimiliki ternyata adalah niat. "Niat dan mulai aja dulu," kata booktuber Kanaya Sophia dari akun Aya Sophia. Menurut Aya, niat merupakan langkah awal yang dinilai penting untuk memulai apa pun. Tanpa niat yang kuat, seseorang tidak akan menjadi booktuber.

Langkah selanjutnya adalah memilih buku yang disuka terlebih dahulu untuk dibahas di konten video. "Pilih buku yang memang kamu suka banget. Karena bisa mengeluarkan apa yang ada di hati. Akan beda banget kalau me-review buku yang suka , sama yang baru banget dibaca," saran Aya.

Senada dengan Aya, Tsalitsa Aeni Khaya dari akun Smoglit Reviews menambahkan mereview buku berdasarkan kesukaan dan kata hati penting, karena akan membuat Anda bebas berekspresi. "Dengan hati. Jangan karena disponsori akhirnya terpaksa me-review. Jadi ada rasa nggak enak me-review," tambah dia.

Sementara itu, untuk hal bersifat teknis, ada beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan sebelum merekam. Mulailah dari membangun mood yang baik, menulis naskah, menyusun jadwal, merapikan atau mendekorasi ruangan, sampai memastikan kamera, pencahayaan, sampai suara yang dihasilkan baik. 

Khusus untuk yang terakhir, tidak ditampik kerap menjadi permasalahan para booktuber. "Yang paling susah itu suara, sih. Karena rumah-rumah kita dekat jalan," kata booktuber Ayom Wratsangka.

Setelah semua tahap itu dilakukan, hal penting lain yang perlu dilaksanakan adalah konsistensi. "Ke depannya harus konsisten," tambah booktuber penyuka buku sastra ini.

Para booktuber pemula juga bisa mengembangkan jaringan dan wawasannya soal buku, misalnya dengan bergabung ke komunitas seperti Booktube Indonesia. Untuk bergabung ke komunitas ini juga ternyata tidak sulit. Syaratnya, Anda juga cukup membuat tiga video tentang buku. Baik itu video yang mengulas buku, bermain game tentang buku, atau membuat vlog yang berkaitan dengan buku.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA