Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

11 Fakta Unik Tentang Kucing (1)

Selasa 17 April 2018 06:30 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kucing Bony Maine Coon.

Kucing Bony Maine Coon.

Foto: catswallpapers.net
Kumis kucing bisa memanjang hingga 19 sentimeter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak pencinta hewan peliharaan memilih kucing menjadi sahabat mereka di rumah. Kucing tampaknya memiliki daya tarik lebih kuat dibandingkan anjing bagi sebagian orang.

Ada setidaknya 11 fakta unik tentang kucing yang mungkin jarang Anda ketahui. Apa saja itu? Berikut penjabarannya, dilansir dari Soranews24, Senin (16/4).

1. Kucing bisa hidup hingga 30 tahun

Guineess Book of World Record pernah mencatat Pinky sebagai kucing tertua berusia 28 tahun dari Kansas, Amerika Serikat. Kucing ini mampu mencapai usia hingga tiga dekade. Sebelumnya, seekor kucing dari Texas bernama Creme Puff bahkan meninggal pada usia 38 tahun.

Bukti lain menunjukkan bahwa Tomoko, seekor kucing asal Prefektur Aomori, Jepang, pernah hidup hingga 36 tahun. Dia meninggal pada 1971.

2. Kucing tidur 20 jam sehari

Kucing menghabiskan waktu 14 hingga 20 jam setiap harinya untuk tidur. Mereka jarang sekali mengedipkan mata, rata-rata hanya dua kedipan per jam atau 40 kali kedipan per hari. Tidur yang cukup panjang ditengarai menjadi alasan mengapa seekor kucing bisa berumur panjang hingga menembus 30 tahun.

3. Mereka bisa bergerak cepat jika mau

Kucing Anda mungkin terlihat sangat santai pada suatu siang di atas bantal tidur mereka. Namun, Anda tidak boleh tertipu. Meskipun mereka terlihat sedang bermalas-malasan, seekor kucing bisa bergerak sangat gesit tiba-tiba jika mereka mau. Mereka bisa mendadak berlari hingga 50 kilometer per jam.

4. Kucing kaya

Banyak kucing yang kaya raya loh. Maria Assunta, seorang janda yang juga taipan properti asal Italia, mewariskan 13 juta dolar AS atau Rp 138 miliar untuk kucing-kucing yang dipungutnya dari jalan-jalan di Roma.

Pada 1988, Blackie, kucing peliharaan milik pedagang antik Inggris, Ben Rea, dianugerahi 150 juta poundsterling atau Rp 2,84 triliun sebagai warisan dari tuannya. Itu karena Blackie sangat setia di sampign Rea selama 15 tahun terakhir.

5. Kumis kucing bisa tumbuh sangat panjang

Rekor kumis terpanjang pernah dimiliki Missi, seekor kucing Maine Coon yang tinggal di Finlandia. Dia memiliki kumis hingga 19 sentimeter (cm) atau sekitar 9,5 inci.

6. Kucing tak bisa melihat merah

Kucing memiliki kelemahan sensorik, yaitu bermasalah dengan warna merah. Kucing sangat terbiasa dengan warna abu-abu dan hitam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES