Selasa, 3 Zulhijjah 1439 / 14 Agustus 2018

Selasa, 3 Zulhijjah 1439 / 14 Agustus 2018

Mencoba Bangun Pagi dengan Konsep Ikigai Jepang

Senin 12 Maret 2018 06:02 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Di Okinawa Jepang, konsep ikigai dipraktikkan agar manusia hidup lebih bahagia sejak bangun pagi.

Di Okinawa Jepang, konsep ikigai dipraktikkan agar manusia hidup lebih bahagia sejak bangun pagi.

Foto: EPA
Konsep ikigai membantu seseorang merasa segar dan siap memulai hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangun di pagi hari adalah perjuangan besar bagi banyak orang. Terdapat delapan dari sepuluh orang menekan tombol tunda alarm setiap hari, menurut penelitian yang dilakukan oleh firma tempat tidur.

Sebenarnya setiap orang bisa bangun di pagi hari dengan sedikit dorongan. Mengadopsi konsep Jepang ikigai bisa jadi kunci untuk bangun merasa segar dan siap untuk memulai hari.

Ikigai didefinisikan sebagai "alasan untuk Anda bangun di pagi hari", yang dapat diartikan sebagai tujuan hidup. Di pulau Okinawa di Jepang, yang penduduknya rata-rata berumur panjang, kata pensiun tidak digunakan. Sebaliknya digunakan istilah ikigai.

Dan Buettner, seorang Fellow National Geographic dan penulis, telah menjelaskan bagaimana memiliki alasan untuk bangun di pagi hari, telah memungkinkan beberapa orang di Okinawa untuk hidup lama, namun penuh kehidupan. Jadi, menerapkan konsep ikigai untuk hidup sepenuhnya akan mengubah Anda menjadi orang pagi yang terbangun dengan perasaan siap untuk memulai hari dari masa mudanya.

Aspek utama ikigai, seperti yang dinyatakan oleh ahli syaraf dan penulis Awakening Your Ikigai, dimulai dari yang kecil dan menerima diri Anda sendiri. Juga terhubung dengan orang lain dan planet ini, menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa dicoba untuk meningkatkan energi Anda, merasakan lebih banyak hal dan memulai hari, dilansir dari laman Independent:

Olahraga

Ini semua tentang mencari bentuk aktivitas fisik apa yang Anda nikmati secara pribadi dan itu akan membantu mendorong untuk bangun dari tempat tidur. Bisa dengan berjalan-jalan, melakukan yoga di ruang tamu, menari sambil makan sarapan Anda, dan lainnya.

Radio taiso, atau dikenal sebagai radio calisthen, adalah bentuk gerakan yang populer di Cina, Taiwan dan Jepang yang digunakan orang sebagai rutinitas pemanasan.

Sarapan pagi

Mereka mengatakan bahwa sarapan adalah makanan terpenting hari ini, tapi Anda juga harus mencoba dan menjadikannya salah satu yang paling menyenangkan. Begitu banyak orang yang menghentikan makanan pagi yang tepat sebagai pemborosan waktu, mereka memilih bergegas keluar rumah dengan makanan yang tidak cukup. Menikmati sarapan favorit bisa memberi semangat yang luar biasa.

"Tidak peduli di mana Anda berada di dunia ini, jika Anda membuat kebiasaan memiliki barang favorit Anda segera setelah Anda bangun (misalnya, cokelat dan kopi), dopamin akan dilepaskan di otak Anda, memperkuat tindakan (bangun) sebelum penerimaan reward (cokelat dan kopi)," tulis Mogi.

Mulai sosialisasi

Gagasan bertemu dengan seorang teman untuk minum kopi di pagi hari mungkin terdengar seperti gagasan yang sangat aneh. Tapi interaksi sosial awal itu bisa sangat bermanfaat bagi Anda.

Menurut sebuah jajak pendapat Gallop 2008, orang Amerika tercatat paling bahagia saat mereka menghabiskan waktu sekitar enam sampai tujuh jam untuk bersosialisasi dalam sehari.

Namun, ketika Anda langsung bekerja setelah bangun tidur, menghabiskan delapan atau sembilan jam di meja kerja dan kemudian pulang ke rumah pada malam hari karena kelelahan karena kejadian hari itu. Maka akan menyisakan sedikit waktu untuk memikirkan kehidupan sosial Anda.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pembangunan Venue JIEXpo Kemayoran Dikebut

Selasa , 14 Agustus 2018, 20:45 WIB