Thursday, 6 Zulqaidah 1439 / 19 July 2018

Thursday, 6 Zulqaidah 1439 / 19 July 2018

Gaun Gal Gadot Picu Kemarahan Warga Lebanon

Jumat 12 January 2018 17:01 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Gal Gadot dalam balutan busana rancangan desainer Lebanon, Elie Saab.

Gal Gadot dalam balutan busana rancangan desainer Lebanon, Elie Saab.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Gal Gadot belum lama ini memicu kontroversi dan karena gaun yang dikenakannya. Warganet gaduh setelah melihat bintang Wonder Woman itu tampil dalam balutan gaun panjang pada malam penghargaan The National Board of Review.

Dalam acara yang digelar pada Selasa malam di New York tersebut, Gadot mengenakan gaun berwarna biru dengan belahan pada bagian pinggang. Tidak ada yang salah pada potongan busana itu namun yang memantik kontroversi adalah sang desainer gaun.

Elie Saab adalah desainer di balik gaun tersebut. Ia merupakan warga Lebanon dan di sanalah letak permasalahannya. Elie dituding tidak peka terhadap konflik yang terjadi antara Israel, negara asal Gadot, dengan Lebanon.

Selain tercatat sebagai warga negara Israel, Gadot juga pernah menjadi pelatih bela diri bagi pasukan Israel. Sejak 1948, Israel dan Lebanon berseteru dan hingga hari ini ketegangan masih mewarnai hubungan dua negara tersebut.

Pada 2017 silam, Lebanon bahkan memblokir penayangan film Wonder Woman di negaranya. Akan tetapi, Elie Saab justru bertindak sebaliknya. Ia dengan bangga memasang foto Gal Gadot di akun Instagramnya @ElieSaabWorld.

"@gal_gadot yang mengagumkan dalam busana koleksi ELIE SAAB Ready-to-Wear Spring Summer 2018 di gala The National Board of Review New York," demikian keterangan yang tertulis di bawah foto.

Dilansir dari Fox News, usai melihat unggahan tersebut, warganet Lebanon ramai-ramai melayangkan protesnya. "Aku mencintai dan menghargai Elie Saab, tapi apakah ia benar-benar bahagia ketika seorang Israel memakai gaun buatannya?" tulis Heba Bitar, seorang koresponden stasiun televisi Al Mayadeen.

Warganet lain juga ikut berkicau di Twitter soal gaun Elie Saab itu. "Aku tidak punya masalah jika ia mengenakan busana @ElieSaabWorld. Tapi aku mempermasalahkan postingan di akun Elie Saab dan memamerkan mantan tentara Israel yang menggunakan karyanya! Jangan merusak kebanggaan kami sebagai orang Lebanon! Elie Saab membuat kami bangga," cicit akun @FarahShamii.

Melihat kondisi tersebut, Elie Saab pun segera menghapus unggahannya. Tindakan ini menuai respons positif dari sejumlah warganet. "Baguslah dia menghapus fotonya karena sungguh memalukan mempromosikan dengan cara itu. Aku harap bukan dia yang menyuruh Gal Gadot mengenakan busananya tapi penata riasnya," tulis akun @Rimyasmin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA