Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

INDANA Mengolah Promosi dengan Inovasi

Jumat 22 December 2017 07:01 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Kampung Warna-Warni, salah satu konsep CSR INDANA.

Kampung Warna-Warni, salah satu konsep CSR INDANA.

Foto: indana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Inti Daya Guna Aneka Warna (INDANA) adalah perusahaan yang berawal dari sebuah home industri. Memulai operasinya tahun 1981 di sebuah tempat kontrakan di Kota Batu, Jawa Timur, kemudian berhasil bekembang dan menjadi perusahaan besar yang bergerak di bidang  decorative coating dan industrial coating.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, INDANA mencoba bersaing di segmen middle yang memang pertumbuhan untuk kebutuhan bangunan sedang berkembang pesat. Akhir-akhir ini pembangunan yang membutuhkan bahan baku cat sangat dicari. INDANA pun yang hadir di kelas menengah ini terus mengembangkan produk produknya.

Vice President PT Inti Daya Guna Aneka Warna Steven Antonius Sugiharto mengatakan pasar yang mereka sasar memang sejak awal untuk kelas menengah. Hanya saja di era saat ini, mereka mencoba membuat produk untuk kelas menengah dengan kualitas yang tidak kalah dengan kelas pertama.

Salah satu inovasi untuk produk tersebut adalah  Mixone, cat serbaguna untuk kegunaan luar ruangan. Produk ini merupakan inovasi dengan menciptakan cat dengan waterbase. Cat dengan bahan dasar air ini menjadi salah satu solusi masalah lingkungan. Sebab dengan bahan dasar air menjadikan cat ramah lingkungan. Komponen yang terdapatnya merupakan hasil dari pengembangan riset yang berkelanjutan.

"Kita tentu saja selalu melakukan inovasi untuk produk yang bisa memberi manfaat lebih bagi masyarakat," kata Steven.

Peluncuran cat dengan bahan dasar air pun menjadi jawaban untuk memberikan keamanan yang lebih bagi pengguna. Dengan penggunaan air, tentu saja semakin sedikit bahan kimia yang bisa membahayakan manusia dan alam (lingkungan).

Untuk bisa lebih mendekatkan inovasi tersebut, Steven menjelaskan, jika INDANA tidak menggunakan cara yang biasa. Jika biasanya perusahaan lain lebih senang gencar mempromosikan diri menggunakan media dan promo diberbagai hal, INDANA lebih fokus pada pengembangan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk lebih mendekatkan produk dengan masyarakat.

"Kita banyak melakukan sponsorship pada kampung-kampung, cuma baru booming, bahkan menasional setelah menciptakan kampung warna-warni dan kampung Tridi di Malang, Jawa Timur," kata Steven.

Konsep CSR untuk lebih memperkenalkan INDANA kepada masyarakat luas telah diterapkan sejak tiga tahun lalu untuk kampung-kampung. Dengan cara tersebut masyarakat bisa melihat langsung bagaimana kelebihan dari cat INDANA ketimbang hanya mengobral janji-janji kelebihan yang bisa diberikan.

Setelah berhasil memberikan warna baru bagi kampung di Malang, INDANA berharap bisa juga menyebarkan keberagaman warnanya pada wilayah-wilayah lain. Steven mengatakan, hingga saat ini sudah banyak pengajuan yang masuk meminta  untuk melakukan hal yang serupa. Hanya saja, INDANA mencoba melakukan hal yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

INDANA tidak ingin masyarakat di daerah lain hanya menyalin keberhasilan Kampung Warna-Warni yang sudah berhasil. Steven menginginkan daerah lain membuat konsep baru yang berbeda yang juga bisa menarik banyak perhatian orang lain.

adv

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA