Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Bobby Kenakan Jas Motif Ulos Mandailing untuk Resepsi

Jumat 24 November 2017 13:12 WIB

Red: Indira Rezkisari

Kahiyang Ayu (kanan) dan Bobby Nasution saling bercanda disela upacara penabalan marga di Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/11).

Kahiyang Ayu (kanan) dan Bobby Nasution saling bercanda disela upacara penabalan marga di Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/11).

Foto: Antara/Septianda Perdana

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Keluarga Bobby Afif Nasution pada acara resepsi "Ngunduh Mantu" putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan suaminya Bobby di Medan, akan menggunakan pakaian motif ulos adat Mandailing.

Manajer Penjahit Necis Tailor, Rahman Purba di Medan, Jumat (24/11), mengatakan 34 pakaian semi jas yang memiliki warna merah maron itu, hampir 80 persen selesai dikerjakan. Pakaian semi jas tersebut, menurut dia, akan digunakan pada resepsi perkawinan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang dilaksanakan di komplek Perumahan Bumi Hijau Regency (BHR) Taman Setia Budi Indah (Tasbih) Medan, Ahad (26/11).

"Pakaian tersebut, cukup bagus dengan warna merah maron kombinasi ulos Mandailing, dan ditambah motif gordangsembilan, serta ada bintik-bintik warna emas," ujar Purba.

Ia mengatakan, bahan pakaian tersebut, dipesan secara khusus di tempat pembuatan ulos Batak Mandailing dan kemudian dijahitkan ke Necis Tailor yang beralamat di Jalan Pandu Medan. Pakaian tersebut, dijahit dengan cukup rapi oleh orang yang memiliki pengalaman. Karena selama ini Necis Tailor sudah biasa menjahit pakaian para pejabat.

"Selain itu, sebelum meninggal dunia, Erwin Nasution (Direktur Utama PTPN IV) ayah Bobby Nasution merupakan pelanggan tetap Necis Tailor," kata Manajer itu.

Sebelumnya, Kahiyang Ayu, puteri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution resmi menyandang marga Siregar dalam upacara adat di Kota Medan, Selasa (21/11). Upacara "mangalehen marga" (penganugerahaan marga) itu digelar di rumah Doli Sinomba Siregar, paman kandung Bobby Afif Nasution di Jalan Suka Tangkas, Lingkungan 13, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Medan Johor.

Upacara diawali dengan penghadapan keluarga Bobby Afif Nasution kepada para raja adat dari berbagai "luat" (kerajaan) agar memberikan marga Siregar kepada menantunya Kahiyang Ayu. Salah satu panitia upacara adat M Yunan Siregar mengatakan Kahiyang Ayu, baru diberikan marga Siregar, tetapi belum mendapatkan gelar adat.

Gelar adat tersebut akan diterima Kahiyang Ayu dalam upacara adat di Tapian Raya pada 25 November dengan menaiki "Nacar" berupa pentas dengan tujuh tangga. Kahiyang Ayu-Bobby Nasution telah melangsungkan pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu 8 November 2017. Pernikahan di Solo digelar dengan adat Jawa dan telah berlangsung dengan tertib, meriah, dan kental budaya Jawa. Resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlangsung dua kali, siang dan malam hari.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES