Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Pelaku Bunuh Diri Sering tak Sadar Alami Depresi

Rabu 19 July 2017 19:56 WIB

Rep: Rr Laeny/ Red: Esthi Maharani

Depresi

Depresi

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, Jagat Beberapa jam lalu jagat mesia sosial dipenuhi kabar menyedihkan. Kekasih selebgram Awkarin, Oka Mahendra dikabarkan tewas akibat bunuh diri.

Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Jiwa Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta Aris Tambing mengungkap, bunuh diri disebabkan oleh depresi. Selain itu, ada juga gangguan jiwa yang berupa halusinasi yang meminta dia untuk bunuh diri.

"Yang jelas, kasus depresi cenderung bunuh diri," ujarnya di sela-sela peringatan hari ulang tahun RS Jiwa Dr Soeharto Heerdjan ke-150, di Jakarta, Rabu (19/7).

Persoalannya, terkadang korban tidak menyadari kalau ia sedang depresi. Jika kondisi ini terjadi, ia meminta lingkungan seperti keluarga untuk lebih peduli.

"Biasanya mereka tidak mau bertemu orang, tidak peduli dengan dirinya sendiri. Selain itu dia selalu mengeluh mengatakan bahwa tidak ada artinya hidup, lebih baik saya mati. Ia putus harapan hidup menjalani kehidupan," katanya.

Jika kondisi itu terjadi, kata dia, ia sudah putus asa harapan hidup menjalani kehidupan. Lingkungan diminta segera menghubungi petugas medis untuk mendapat penanganan medis. Jika orang yang depresi tidak mau diajak, kata dia, segera hubungi petugas kesehatan untuk dibujuk menjalani pengobatan di RS Jiwa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 June 2018, 03:21 WIB